KELANA KOTA

PPDB Tambahan Tampung Sekitar 4.800 Siswa SMP di Surabaya

Laporan Zumrotul Abidin | Kamis, 20 Juni 2019 | 18:12 WIB
Ikhsan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya saat menerima keluhan salah seorang wali murid yanh demo di Kantor Dispendik Sudarabaya, Kamis (20/6/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Ikhsan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya menegaskan, mulai Senin (24/6/2019) akan dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tambahan pagu bagi siswa yang tergeser dari seleksi zonasi umum karena kendala jarak.

Seleksi PPDB tambahan ini nantinya menggunakan nilai Nun tinggi yang kemudian dirangking. Pesertanya pun adalah siswa yang telah mendaftar di sistem zonasi tapi gugur karena jarak.

Ikhsan mengatakan, kuota penambahan pagu ini disesuaikan dengan kapasitas kelas di tiap sekolah. Bila diasumsikan 4 sampai 8 siswa per rombel, dengan kapasitas kelas 10 per sekolah, dan jumlah SMPN sebanyak 62 sekolah, maka dibutuhkan 4800 siswa yang akan diterima pada PPDB tambahan pagu ini.

"Formulanya nanti ditentukan sesuai jumlah kelas di sekolah masing-masing," ujarnya kepada wartawan usai menemui pendemo PPDB sistem Zonasi di Kantor Dispendik Surabaya, Jalan Jagir Wonokromo, Kamis (20/6/2019).


Ikhsan menegaskan, PPDB jalur zonasi tidak bisa dihapus sesuai tuntutan massa wali murid yang menduduki Kantor Dispendik. Sebab, tegas diatur dalam Permendikbud 51 Tahun 2018.

"Mekanisme baru PPDB tambahan ini juga hasil dari konsultasi dengan Kemendikbud," katanya. (bid/tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA