KELANA KOTA

Bahaya Obat Jerawat Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Laporan Agustina Suminar | Jumat, 12 Juli 2019 | 13:55 WIB
Ilustrasi. Foto: Antara
suarasurabaya.net - Konsumsi obat-obatan secara berlebihan termasuk obat jerawat bisa berbahaya bagi ibu hamil, salah satunya menyebabkan bayi terlahir sumbing, menurut Dr dr Murti Andriastuti, SpA(K).

"Obat diserap lewat pembuluh darah, jadi harus diperhatikan obat-obat yang memang termasuk teratogenik, dapat menyebabkan kecacatan janin," ujar dia dalam acara yang diselenggarakan Cleft Craniofacial Center (CCC) RSCM di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Untuk itu, Murti menyarankan ibu hamil berhati-hati ketika minum obat, termasuk obat bebas yang dijual di warung atau apotek dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika penggunaannya berkelanjutan.

"Obat warung bisa dikonsumsi siapa saja tetapi kalau untuk ibu hamil harus lebih memperhatikan. Kalau satu dua kali tidak apa-apa. Tetapi kalau berkelanjutan dan memerlukan pengobatan terus menerus, harus dikonsultasikan ke dokter," kata dia dilansir Antara.


Bibir sumbing ialah kelainan berupa celah pada bagian tubuh yang normalnya tertutup. Kondisi ini terjadi akibat gagalnya penyatuan bibir pada masa perkembangan janin yakni minggu ke empat hingga ke enam.

Selain menghindari paparan berlebihan pada obat teratogenik, para ibu hamil juga sebaiknya berhenti merokok dan meminum minuman beralkohol.

Mereka perlu asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang seperti makanan mengandung asam folat dan menerapkan pola hidup sehat selama kehamilan agar bayi tidak terlahir sumbing.(ant/tin)
Editor: Ika Suryani Syarief



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.