KELANA KOTA

Percantik Tugu Pahlawan, Pemkot Akan Bikin Taman di Tepi Lapangan

Laporan Denza Perdana | Senin, 15 Juli 2019 | 21:37 WIB
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat meninjau Tugu Pahlawan, Senin (15/07/2019). Foto: Humas Pemkot Surabaya
suarasurabaya.net - Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya memimpin peninjauan kawasan Tugu Pahlawan. Dia meminta ikon bersejarah di Kota Pahlawan itu dipercantik dengan taman.

Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (Bappeko) sudah memiliki konsep taman yang akan dikerjakan. Setelah mendapat penjelasan, Risma meminta sejumlah penyemprot rumput dipindahkan.

Dia juga meminta beberapa bagian di kawasan Tugu Pahlawan itu dicat ulang. "Ini dicat lagi, lampu-lampunya juga diganti kalau sudah suram," katanya sambil menunjuk beberapa lampu yang ada.

Eri Cahyadi Kepala Bappeko Surabaya mengatakan Pemkot Surabaya berencana membuat taman di sekeliling lapangan melingkar di tepi-tepi lapangan agar kawasan itu lebih cantik.


"Nanti kami kasih tanaman bunga-bunga, kemudian tiap sudutnya ditambahkan pohon agar lebih teduh," kata Eri di Tugu Pahlawan, Senin (15/07/2019).

Sejumlah tanaman rambat, kata Eri, akan ditambahkan di sudut-sudut kawasan salah satu destinasi wisata bersejarah di Surabaya itu. Tanaman rambat itu akan diletakkan di setiap pilar.

"Tanaman rambat buat taman kan berputar itu, ada ujung-ujungnya yang tinggi tetap ada pintu masuknya sejurus dengan tempat upacara," katanya.

Alumnus ITS itu juga mengatakan, Pemkot Surabaya berencana mengganti kaca museum yang usang. Kaca-kaca itu akan diganti dengan kaca berwarna atau mozaik.

"Lalu pagarnya juga biar lebih menarik dikasih warna emas di bagian ujungnya," katanya.

Risma yang beberapa waktu lalu sempat menjalani perawatan di rumah sakit tampak didampingi juga oleh Antiek Sugiharti Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya, serta Robben Rico Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Surabaya.(den/iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.