KELANA KOTA

Kebakaran Gudang di Sudah Padam, 10 Korban Dalam Kondisi Sadar dan Selamat

Laporan Ika Suryani Syarief | Senin, 15 Juli 2019 | 20:20 WIB
Api membara di lantai satu sebuah gudang di Pergudangan Mutiara Tambak Langon, Surabaya, Senin (18/7/2019) sekitar pukul 15.00 WIB. Foto: Bimantara Adi Nugraha‎ via e100
suarasurabaya.net - Kebakaran di sebuah gudang di Pergudangan Mutiara Jl. Mutiara Tambak Langon, Surabaya pada Senin (15/7/2019) sore, sudah padam.

Bambang Vistadi Kabid Operasional PMK Surabaya mengatakan, petugas di lokasi berhasil memadamkan api pokok pada pukul 18.19 WIB.

"Penyebab kebakaran belum diketahui. Saat ini sudah pembasahan selesai dan lokasi objek yang terbakar dinyatakan kondusif," ujarnya kepada Radio Suara Surabaya pada pukul 20.15 WIB.

Bambang menjelaskan, saat unit tempur Pos Pakal tiba di lokasi, petugas langsung mengupayakan penyelamatan korban yg terjebak di lantai paling atas. Korban yang terjebak dilantai paling atas berhasil di evakuasi menggunakan unit Bronto Skylift 55 meter.


Pemadaman cukup sulit dikarenakan dinding dilapisi busa styrofoam kulkas. Api melalap hampir seluruh bagian dalam bangunan berukuran sekitar 30 x 54 meter tersebut.

Berikut daftar nama korban kebakaran yang telah dibawa oleh penghuni gudang ke RS Mujirahayu sebelum unit PMK tiba:
1. Lukman Nul Hakim, 25 tahun, warga Karawang. Mengalami luka bakar di wajah, tangan kanan dan kiri;
2. Tobby, 25 tahun, warga Purwakarta. Mengalami sesak napas;
3. Ibro, 27 tahun, warga Karawang. Mengalami fraktur tangan kanan;
4. Uman, 29 tahun, warga Purwakarta. Mengalami sesak napas;
5. Mulyadi, 31 tahun, warga Purwakarta. Mengalami luka bakar di telapak kaki kiri
6. Sarkiman, 75 tahun, warga Depok. Mengalami sesak napas.

Korban yang berhasil dievakuasi PMK dan dirawat di RSI Darus Sifaah:
1. Lili Sutrisna, 29 tahun, warga Majalengka. Mengalami sesak napas;
2. Supriyadi, 38 tahun, warga Brebes. Mengalami sesak napas;
3. Januar (Slamet), 20 tahun, warga Sumedang. Mengalami sesak napas;
4. Pegawai kantor sebelah lokasi kebakaran bernama Eka Puji, 23 tahun, warga Pasuruan, pingsan.

"Malam ini seluruh korban selamat kondisinya sudah sadar," kata Bambang.

Belasan unit pemadam kebakaran dikerahkan dalam kejadian ini. Rinciannya, 1 Unit Tempur Pos Pakal, 3 Unit Tempur Rayon V Margomulyo, Unit Tempur Walangkadung, Unit Rescue, 1 Unit Matra 1200, 2 Unit Tempur rayon I Pasar Turi, 1 Unit Tangga Bronto Skylift 55M, Unit Tempur Rayon IV Wiyung, 1 Unit Tempur Pos Pakal, 1 Unit Tempur Pos Kandangan, 1 Unit Tempur Rayon II Tambak Rejo, 1 Unit Tempur Rayon III Rungkut, dan 1 Unit Tempur Pos Pakis TVRI.

Sementara petugas yang berada di lokasi selain dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, juga dari BPB Linmas, Dishub, Satpol PP, dan DKRTH.(iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.