KELANA KOTA

Emil Dardak: Bu Risma Mendukung Perbaikan Transportasi Publik di Jatim

Laporan Denza Perdana | Rabu, 17 Juli 2019 | 17:16 WIB
Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur. Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur mengatakan, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mendukung rencana perbaikan transportasi publik di wilayah Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan (Gerbangkertasusila).

"Kemarin enggak sengaja ketemu Bu Risma. Bu Risma punya ide-ide yang ingin diselaraskan dengan Bu Gubernur. Kita tunggu saja pembicaraan dengan Bu Wali. Intinya, Bu Wali mendukung perbaikan public transport," ujarnya di Grand Sungkono Lagoon, Rabu (17/7/2019).

Salah satu ide yang disampaikan Risma kepadanya, adalah bagaimana mengoptimalkan jaringan kereta yang sudah ada. Emil menyebutnya existing rel network. Bukan hanya jaringan kereta intra Surabaya, tetapi juga daerah sekitar.

"Surabaya dengan lamongan, Surabaya-Gresik, Gresik-Lamongan, Surabaya-Sidoarjo, lalu Sidoarjo-Mojokerto. Bahkan Bu Gubernur mengatakan, kenapa enggak sampai ke Pasuruan sekalian? Ini yang sedang kami bahas. Baru kemarin saya ketemu (dengan Risma)," katanya.


Integrasi transportasi publik serta barang dan jasa di wilayah Gerbangkertasusila adalah satu dari tiga proyek strategis Jawa Timur yang sudah diusulkan dalam Rapat Koordinasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Jatim di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pengoptimalan jaringan transportasi Gerbangkertasusila ini juga dibahas dalam Rapat Terbatas (Ratas) Kabinet Kerja Joko Widodo Presiden dengan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, di Istana Bogor, pekan lalu.

Sementara, selama ini Risma sebagai Wali Kota Surabaya punya mimpi mewujudkan trem di Surabaya sebagai angkutan massal. Namun mimpi itu tidak kunjung terwujud karena kurangnya dukungan pemerintah pusat dan keterbatasan APBN.

Pertemuan Emil dengan Risma kemarin menjadi sinyal penyelarasan program-program pembangunan antara Pemprov Jatim dengan Pemkot Surabaya. Sebab, proyek optimalisasi transportasi publik dan barang di Gerbangkertasusila itu telah menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Ini (optimalisasi transportasi publik,red) bukanlah sesuatu yang cepat atau instan, ya. Tapi kalau sudah klop, InsyaAllah akan ada solusi," ujar Emil sembari meminta agar masyarakat Surabaya dan Jawa Timur menunggu adanya pertemuan lanjutan antara Risma dengan Khofifah.(den/dwi/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.