KELANA KOTA

Dinas Pariwisata NTT: Pulau Komodo Ditutup pada 2020

Laporan Dwi Yuli Handayani | Kamis, 18 Juli 2019 | 11:16 WIB
Ilustrasi. Pulau Komodo. Foto: merdeka.com
suarasurabaya.net - Penutupan Pulau Komodo yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) sudah pasti akan dilakukan pada awal 2020, kata Wayan Darmawa Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur di Kupang, Kamis (18/7/2019).

"Soal penutupan Pulau Komodo, itu sudah pasti. Tahun depan kami sudah putuskan akan menutup Pulau Komodo," katanya, berkaitan dengan hasil pertemuan antara pemerintah NTT bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan agenda yang dibahas dalam pertemuan itu yakni persiapan, pengkajian, dan pengelolaan.

Wayan mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo sendiri sudah setuju dengan penutupan tersebut.


Saat berkunjung ke Labuan Bajo pada 10-11 Juli, Presiden Jokowi juga mengatakan ada pembatasan kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo karena kawasan itu adalah kawasan konservasi.

Karena itu ia meminta jika ada wisatawan yang ingin melihat komodo bisa melihat di Pulau Rinca yang lokasinya masih berada di kawasan Taman Nasional Komodo.

Viktor B Laiskodat Gubernur NTT juga sudah sejak awal menuturkan akan mengucurkan anggaran sebesar Rp100 miliar untuk merehabilitasi Pulau Komodo.

"Kami akan merehabilitasi Pulau Komodo. Kami siapkan makanannya seperti rusa, kambing dan kebutuhan komodo agar mereka tak saling serang, yang berujung pada kepunahan komodo itu sendiri," kata dia.

Wayan mengatakan penutupan Pulau Komodo akan dilakukan selama satu tahun dengan tujuan memulihkan dan melakukan konservasi terhadap Taman Nasional Komodo. (ant/dwi/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA