KELANA KOTA

Umat Islam Antusias Melaksanakan Salat Iduladha di Masjid Istiqlal

Laporan Farid Kusuma | Minggu, 11 Agustus 2019 | 06:41 WIB
Kaum Muslimin dan Muslimat mengantre masuk ke dalam Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, untuk melaksanakan Ibadah Salat Iduladha 1440 Hijriah, Minggu (11/8/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Ribuan Umat Islam dari Jakarta dan daerah sekitarnya sudah memadati Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, sejak subuh, Minggu (11/8/2019).

Mereka terlihat antusias untuk melaksanakan Salat Iduladha 1440 Hijriah, walau beberapa area masjid terbesar di Asia Tenggara ini masih dalam proses renovasi.

Pantauan suarasurabaya.net, kebanyakan jamaah datang bersama anggota keluarganya menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua mau pun roda empat.

Tapi, ada juga rombongan jamaah yang naik bus, tentunya dengan niat utama melaksanakan salat di Masjid Istiqlal.


Kondisi itu mengakibatkan kepadatan lalu lintas di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Sementara, pengamanan di area masjid dan sekitarnya terpantau sesuai standar, tidak ada prosedur pengamanan VVIP yang melibatkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Itu karena, Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara melaksanakan Salat Idul Adha di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Sedangkan Jusuf Kalla Wakil Presiden dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, merayakan Idul Adha di Makassar, Sulawesi Selatan.

Sekadar informasi, Salat Idul Adha tahun 2019 di Masjid Istiqlal Jakarta akan diimami Ahmad Husni Ismail. Sedangkan khutbah hari raya akan disampaikan Ustaz Yusuf Mansur.

Menurut Abu Hurairah Abdul Salam Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, tema khutbah Idul Adha 1440 Hijriah di Masjid Istiqlal adalah Semangat Berkurban untuk Kesejahteraan Umat.

Pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal tahun ini, bertepatan dengan waktu Ibadah Minggu Umat Katolik Paroki Katedral yang lokasinya persis di seberang pintu sebelah timur Masjid Istiqlal.

Supaya pelaksanaan ibadah berlangsung dengan khidmat, pihak Istiqlal jauh hari sebelumnya sudah berkoordinasi dengan pihak Katedral Jakarta.

Dan, sebagai wujud toleransi serta kerukunan antarumat beragama, ibadah pagi di Katedral Jakarta ditiadakan. Ibadah Minggu di katedral bernama resmi Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga baru akan dimulai pukul 14.00 WIB.

Selain itu, Umat Islam yang akan melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, bisa memarkirkan kendaraannya di halaman Katedral Jakarta.

Bahkan, seperti Idul Adha tahun 2018, tahun ini, Keuskupan Agung Jakarta kembali memberikan sumbangan hewan kurban berupa seekor sapi kepada Pengurus Masjid Istiqlal.

Mengenai hewan kurban, rencananya pihak Panitia Kurban Masjid Istiqlal akan melakukan pemotongan setelah salat Iduladha.

Jokowi Presiden dan Jusuf Kalla Wakil Presiden juga menyumbang masing-masing seekor sapi untuk disembelih dan dibagikan dagingnya kepada warga masyarakat sekitar Masjid Istiqlal khususnya yang kurang mampu secara ekonomi.

Sejumlah pejabat negara pun ikut memberikan sapi, antara lain Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Jenderal TNI Andika Perkasa Kepala Staf Angkatan Darat, Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, dan Jenderal Polisi Tito Karnavian Kapolri. (rid)
Editor: Ika Suryani Syarief



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.