KELANA KOTA

Penderita Hipertensi, Kardiovaskular agar Batasi Lemak Saat Idul Adha

Laporan Dwi Yuli Handayani | Minggu, 11 Agustus 2019 | 12:24 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Semua orang khususnya yang menderita penyakit kronis seperti diabetes, penyakit kardiovaskular dan hipertensi harus mengontrol asupan makanan berbahan daging selama Idul Adha.

Dr Mustafa Altay ahli endokrin di Turki seperti dilansir Anadolu Agency, Minggu menyarankan orang dengan penyakit kronis mengonsumsi sedikit daging tanpa lemak atau rendah lemak pada hari raya yang jatuh setiap tanggal 10 Zulhijah dalam kalender Islam itu.

Hal senada diungkapkan Dr Safiye Arik ahli endokrin. Menurut dia, daging berlemak mengandung kolesterol jahat dan lemak jenuh yang tinggi.

"Orang dengan penyakit kronis, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, harus mengonsumsi daging secara terbatas karena daging berlemak mengandung kadar lemak jenuh dan kolesterol tinggi," kata dia, seperti dilansir Antara.


Kemudian, bagi mereka yang menderita diabetes sebaiknya hindari konsumsi makanan penutup yang manis seperti jus buah.

"Pasien diabetes khususnya harus menghindari makanan penutup seperti jus buah manis, dan jika mungkin, pilih yang sedikit gula, susu dan berasal dari bahan alami," tutur Arik.

Sementara itu, Dr Gokce Sirin ahli bedah jantung mengatakan kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan segudang masalah kesehatan termasuk obesitas, diabetes, tekanan darah, pitam dan penyakit kardiovaskular.

"Makan yang tidak teratur dapat mengancam jiwa orang dengan masalah berat badan dan jantung, tekanan darah, penyakit kardiovaskular dan gastroenterologi," kata Sirin.(ant/dwi)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.