KELANA KOTA

Khofifah Bacakan Pesan Buwas di HUT ke-58 Pramuka, Salah Satunya Tentang Korupsi

Laporan Denza Perdana | Rabu, 14 Agustus 2019 | 12:12 WIB
Upacara HUT ke-58 Pramuka, di Gedung Negara Grahadi, Rabu (14/8/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Khofifah Indar Parawansa Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka (GP) Kwartir Daerah (Kwarda) Jatim membaca pesan Budi Waseso (Buwas) Ketua GP Kwarnas di Upacara HUT ke-58 Pramuka, di Gedung Negara Grahadi, Rabu (14/8/2019).

Khofifah membacakan pesan Buwas di hadapan ribuan anggota GP Kwarda Jatim. Ada lima poin mendasar yang dia sampaikan, salah satunya penekanan tentang korupsi, radikalisme, dan narkoba.

"Beliau underline tiga hal itu. Karena akan mengganggu integritas, kemajuan, dan produktivitas bangsa, kalau kita tidak melakukan langkah korektif, antisipatif, dan preventif yang komprehensif," kata Khofifah.

Selain tiga hal itu, Buwas juga menekankan proteksi produk pertanian dalam negeri. Kata Khofifah, Gerakan Pramuka diharapkan bersama-sama bisa meningkatkan daya saing produk pertanian lokal.


"Juga memaksimalkan konsumsi produk pertanian dalam negeri atau produk pertanian lokal," ujarnya.

Pesan Buwas yang lain, yang disampaikan Khofifah, soal antisipasi bencana alam, sensitivitas terhadap lingkungan, terutama penggunaan sampah plastik, juga tentang peluncuran Gerakan Pramuka Prasiaga.

"Nanti sore akan di-launching Kwartir Nasional, harapannya bersama Pak Presiden. Jadi, gerakan pramuka bisa dimulai sejak usia dini melalui Pramuka Prasiaga di bawah tujuh tahun," katanya.

Khofifah berharap dengan adanya Gerakan Pramuka Prasiaga, generasi penerus bangsa sudah mengenal satya darma pramuka sejak awal. Mengenal dan berkomitmen menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada Upacara Peringatan HUT ke-58 Pramuka, jajaran pramuka dari berbagai tingkatan dan kwartir menggelar pertunjukan kolosal yang memamerkan berbagai kemampuan Gerakan Pramuka.

Saifullah Yusuf Ketua Kwarda Jatim hadir dalam kegiatan itu. Dia sempat duduk berdampingan dengan Khofifah dalam momen tersebut dan tampak berbincang-bincang selama berlangsungnya acara.(den/iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.