KELANA KOTA

Penyebab Jaringan Telkom dan Telkomsel di Surabaya dan Sebagian Madura Down

Laporan Dwi Yuli Handayani | Kamis, 15 Agustus 2019 | 08:56 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Jaringan Telkom di Surabaya dan sebagian wilayah Madura down atau mengalami kelumpuhan sejak Kamis (15/8/2019) dihi hari.

"Sebelumnya kami dari Telkom mohon maaf karena ada gangguan layanan pada masyarakat dan pelanggan," kata M. Solikin Officer 2 Media Relation Telkom Jawa Timur.

Penyebabnya, kata Solikin, karena ada upaya upgrade software network di Kebalen. "Saat kita upgrade ini ada beberapa kendala sehingga dilakukan roll back lagi. Akhirnya terdampak pada redplane Indihome dan Telkomsel di Surabaya dan sebagian Madura," kata Okin sapaan akrab M. Solikin pada Radio Suara Surabaya.

Kata Okin, saat ini teknisi masih melakukan recovery di Kebalen agar jaringan bisa segera normal kembali. "Saat ini recovery sudah hampir 70 persen dan sudah mulai berangsur up lagi. Diperkirakan 30 menit lagi akan selesai. Sebelumnya kita sudah lakukan upaya antisipasi tapi ini ada kendala di luar dugaan," ujarnya.


Kata Okin, kejadian ini menjadi pelajaran buat Telkom ke depannya agar nantinya bisa mengantisipasi network dan jaringan saat melakukan upgrade.

Sementara itu, Erwin Kusumawan Manager Corporate Communication Telkomsel Jawa Bali mengatakan, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pihak Telkom terkait gangguan ini. Sebab kegiatan upgrade software network di Kebalen akhirnya berdampak pada koneksi Telkomsel di sebagian wilayah.

"Jadi Telkom saat ini sedang ada upaya upgrade untuk peningkatan kualitas agar kedepan pelayanan jaringan ke masyarakat menjadi lebih baik. Terkait hal itu, saat Ini kami sedang koordinasi terus dengan Telkom untuk proses pemulihan yang cepat," ujarnya saat dihubungi suarasurabaya.net.

Info sementara yang diperoleh, katanya, saat ini proses recovery gangguan jaringan Telkom sudah 90 persen berangsur pulih.

"Kami cek di Telkom, proses recovery sudah 90 persen, InshaAllah maksimal 30-60 menit lagi bisa berangsur pulih 100 persen. Di seluruh jaringan baik itu 3G maupun 4G" ujarnya. (dwi/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.