KELANA KOTA

74 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Jokowi Presiden Fokus pada Peningkatan Kualitas SDM

Laporan Farid Kusuma | Sabtu, 17 Agustus 2019 | 06:44 WIB
suarasurabaya.net - Istana Kepresidenan, hari ini, Sabtu (17/8/2019), akan menggelar serangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara kenegaraan tahun 2019 kembali terpusat di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Tema perayaan Kemerdekaan Indonesia tahun ini adalah Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju.

Tema tersebut sejalan dengan visi Joko Widodo Presiden fokus meningkatkan kualitas SDM Indonesia pada periode kedua kepemimpinannya (2019-2024).


Peningkatan kualitas SDM, menurut Jokowi sangat diperlukan untuk menjawab tantangan global. Dengan begitu, diharapkan SDM Indonesia bisa lebih unggul dari SDM negara-negara lain.

Kemarin, Jumat (16/8/2019), dalam forum Sidang Bersama DPD dan DPR, Presiden mengatakan, SDM lulusan pendidikan tinggi Indonesia harus kompetitif di tingkat regional dan global.

"SDM kita harus kompetitif dalam karakter yaitu pekerja keras jujur kolaboratif solutif dan entrepreneurship. Kedua, SDM kita harus kompetitif dalam
penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang menguasai the emerging skills yang mampu mengisi the emerging jobs dan inovatif dan membangun the emerging business," ucap Jokowi di hadapan para anggota dewan periode 2014-2019.

Tapi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyadari, untuk mencetak SDM yang pintar dan berbudi pekerti luhur, pemerintah harus lebih dulu menjamin kesehatan para generasi penerus.

Sekadar informasi, rangkaian acara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia akan dimulai sekitar pukul 08.20 WIB.

Puncak acara adalah peringatan Detik-detik Proklamasi pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Proklamasi, kemudian mengheningkan cipta dan pembacaan doa.

Lalu, acara dilanjutkan dengan prosesi Pengibaran Bendera Pusaka.

Bendera Pusaka akan dikibarkan oleh 68 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019 yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi Indonesia.

Sesudah prosesi Penghormatan Kebesaran, Presiden, Wakil Presiden beserta rombongan dijadwalkan meninggalkan tempat upacara, sekaligus menutup rangkaian acara kenegaraan pagi hari ini.

Pihak panitia menyiapkan 11 ribu kursi untuk tamu undangan yang menyaksikan langsung peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

Dari jumlah tersebut, 30 persen dialokasikan untuk aparatur pemerintah, sedangkan 70 persen sisanya dialokasikan untuk masyarakat umum.

Sementara, untuk upacara penurunan Bendera Merah Putih yang rencananya digelar nanti sore, panitia sudah menyiapkan sekitar 13 ribu kursi. (rid/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.