KELANA KOTA

Hiburan Rakyat di Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Ditutup Sampai Pukul 22.00 WIB

Laporan Anggi Widya Permani | Sabtu, 17 Agustus 2019 | 17:53 WIB
Upacara penurunan bendera merah putih di halaman Gedung Negara Grahadi, Sabtu (17/8/2019) sore. Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Upacara penurunan bendera merah putih berlangsung di halaman Gedung Negara Grahadi, Sabtu (17/8/2019) sore. Penurunan bendera melibatkan 76 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibrakra) perwakilan 37 kabupaten/kota di Jatim.

Sama seperti di upacara bendera tadi pagi, penurunan bendera disaksikan ribuan tamu undangan. Tidak hanya dari kalangan pejabat, tapi Pemprov turut mengundang 100 tukang becak, 250 anak yatim piatu, 100 lansia dan juga 250 penyandang disabilitas.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim masih bertindak sebagai inspektur upacara. Dari pantauan suarasurabaya.net di lokasi, para tamu undangan/peserta upacara larut mengikuti prosesi pengibaran hingga penurunan ini.

Terutama saat menyanyikan lagu-lagu kebangsaan. Misalnya saja, sebelum upacara penurunan bendera ada penampilan dari drumband dan tari-tarian tradisional. Diakhir acara, seluruh penari ini mengibarkan bendera merah putih. Tim paduan suara menyanyikan lagu gebyar2. Tidak sedikit, peserta upacara banyak yg ikut bernyanyi bersama.


Di kesempatan itu, pemprov juga memberikan penghargaan kepada beberapa instansi. Seperti lomba gapura kebangsaan, pengelolaan pasar kreatif, dan masih banyak lagi. Selama upacara berlangsung, Jalan Gubernur Suryo ditutup sampai malam nanti, sekitar pukul 22.00 WIB.

Karena setelah upacara penurunan bendera, para tamu dan masyarakat akan diajak untuk menikmati Hiburan Rakyat dan Kuliner Gratis. Acara ini dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Aries Agung Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jatim mengatakan, hiburan rakyat dan kuliner gratis ini pertama kali digelar di Grahadi sebagai rangkaian perayaan Kemerdekaan RI.

Rencananya, Via Vallen juga akan turut memeriahkan hiburan rakyat tersebut. Jadi, Jalan Gubernur Suryo mulai dari Hotel Inna Simpang sampai Balai Pemuda ditutup sampai malam nanti. Di sepanjang jalan itu akan berdiri 100 stand makanan khas Jawa Timur untuk dinikmati bersama oleh masyarakat yang hadir.

Kegiatan itu, kata dia, terbuka bagi seluruh masyarakat Jatim tanpa dipungut biaya. Kegiatan ini, adalah inisiatif Khofifah Gubernur Jatim supaya pada perayaan HUT Kemerdekaan tidak hanya undangan saja yang menikmati acara di Grahadi.(ang/iss)
Editor: Zumrotul Abidin



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.