KELANA KOTA

Lenis Kogoya: Mulai Hari Ini Khofifah Bukan Gubernur Jawa Timur

Laporan Denza Perdana | Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:10 WIB
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur bertemu Lenis Kogoya Ketua Masyarakat Adat Tanah Papua sekaligus Staf Khusus Presiden untuk Wilayah Papua di Gedung Negara Grahadi, Selasa (20/8/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Lenis Kogoya Ketua Masyarakat Adat Tanah Papua sekaligus Staf Khusus Presiden untuk Wilayah Papua mengatakan, Khofifah Indar Parawansa mulai hari ini, Selasa (20/8/2019), bukan Gubernur Jawa Timur.

"Hari ini saya anggap beliau ini bukan Gubernur lagi, tapi Mama Papua. Saya titipkan anak-anak saya (mahasiswa Papua) untuk dijadikan seperti anak-anaknya sendiri," katanya di Gedung Negara Grahadi.

Hari ini, Lenis secara khusus mengunjungi Jawa Timur pascaterjadinya kerusuhan di Papua dan Papua Barat Senin (19/87/2019) kemarin. Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur turut menyambutnya.

Setelah pertemuan tertutup di ruangan Khofifah, Lenis diajak menemui sejumlah mahasiswa asal Papua di Surabaya dan perwakilan Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) di Ruang Utama Grahadi.


Setelah bersalam-salaman, mereka menikmati sajian Papeda, makanan khas Papua yang disiapkan khusus untuk pertemuan ini. Saat itulah Lenis menyatakan Khofifah adalah Mama Papua.

Secara singkat Lenis menceritakan, Khofifah pernah datang secara khusus ke rumahnya di Wamena. Tidak hanya itu, Khofifah saat masih menjadi Menteri Sosial juga pernah berjasa ketika ayah Lenis meninggal.

"Ibu yang menjaga sampai lepas juga ke Papua juga dijaga. Terima kasih," ucapnya kepada Khofifah. Gubernur Jatim yang terus tersenyum melontarkan celetukan, momen itu adalah Diplomasi Papeda.


Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur bertemu Lenis Kogoya Ketua Masyarakat Adat Tanah Papua sekaligus Staf Khusus Presiden untuk Wilayah Papua di Gedung Negara Grahadi, Selasa (20/8/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Pertemuan Khofifah dan Lenis ini adalah serangkaian upaya untuk merajut kembali persaudaraan setelah terjadinya peristiwa unjuk rasa berujung ricuh di Papua dan Papua Barat.

Sebagimana diketahui, unjuk rasa di Jayapura dan Manokwari merupakan respons atas insiden yang terjadi di Surabaya dan Malang, yang melibatkan Mahasiswa asal Papua, pekan lalu.

Sebelumnya, Khofifah juga menerima kunjungan Akmal Malik Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Akmal memastikan, Jawa Timur akan menjadi tuan rumah pertemuan Gubernur Papua, Gubernur Papua Barat, dan Gubernur Jawa Timur dengan Menteri Dalam Negeri akhir Agustus nanti.

Ketiga Gubernur dalam pertemuan itu akan mendapat arahan khusus dari Mendagri soal langkah meredam gejolak atas peristiwa yang terjadi belakangan.(den/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 1
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.