KELANA KOTA

Ajarkan Nasionalisme Sejak Dini Lewat Lagu

Laporan J. Totok Sumarno | Rabu, 21 Agustus 2019 | 17:15 WIB
Siswa-siswi SNA lantunkan komposisi perjuangan rayakan HUT ke 74 Kemerdekaan RI. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Siswa-siswi Singapore National Academy (SNA) merayakan HUT ke 74 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan, mengajarkan rasa cinta tanah air, serta nasionalisme.

"Berkibarlah Benderaku,...
"Lambang Suci Gagah Perwira, ...
Anak-anak menyanyikannya dengan penuh semangat. Sambil mengibarkan bendera merah putih di tangan mereka.

Menyemarakkan atrium Lenmarch Mall Surabaya, sekitar 300 undangan diantaranya adalah para orang tua siswa terlihat antusias dan diantaranya juga ikut bertepuk tangan menyaksikan putera puteri mereka tampil diatas panggung.

Dimulai dengan pembacaan teks Proklamasi secara bersama-sama oleh para siswa Sekolah Dasar (SD). Dilanjutkan dengan menyanyikan komposisi-komposisi perjuangan seperti Berkibarlah Benderaku, Maju Tak Gentar dan Halo-halo Bandung.


Tidak lupa sebelumnya juga dikumandangkan komposisi nasional atau lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama-sama oleh para siswa bersama orang tua siswa.

Yulia Ayu koordinator kegiatan mewakili Sekolah SNA menyampaikan bahwa kegiatan kali ini selain dalam rangka memperingati HUT ke 74 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia juga menjadi ajang pembelajaran bagi siswa tentang nasionalisme melalui komposisi-komposisi perjuangan yang dinyanyikan bersama-sama.

"Jiwa nasionalisme penting diajarkan pada siswa-siswi sejak usia dini. Ini penting bagi generasi muda Indonesia. Melalui komposisi-komposisi perjuangan ini harapannya para siswa-siswi terpupuk rasa cinta pada tanah air serta dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa didalam jiwa mereka," terang Yulia Ayu, Rabu (21/8/2019).

Melengkapi seluruh rangkaian kegiatan dalam perayaan HUT ke 74 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, para siswa-siswi SNA juga mengikuti beberapa lomba, yang juga melibatkan orang tua siswa. Memupuk semangat berkompetisi dan menjaga persatuan.(tok/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA