KELANA KOTA

Pemkot Segera Tindaklanjuti Keluhan Air PDAM di Jalan Yos Sudarso

Laporan Agustina Suminar | Selasa, 10 September 2019 | 08:09 WIB
Ilsutrasi. Grafis: suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pemerintah Kota Surabaya pada Selasa (10/9/2019) pagi ini akan segera menindaklanjuti keluhan warga tentang air PDAM yang belum mengalir sejak Jumat (6/9/2019) sore, akibat proyek penggeseran utilitas pipa PDAM berdiameter 800mm di Jalan Yos Sudarso.

Muhammad Fikser Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara detail kendala yang dialami PDAM Surya Sembada Surabaya sehingga pengerjaan sambungan pipa yang seharusnya selesai pada Sabtu (7/9/2019), molor hingga hari ini. Untuk itu, Pemkot akan berkoordinasi dengan PDAM untuk mencari solusi agar warga segera mendapatkan air bersih.

"Kami mohon waktu, pagi ini langsung kita tindaklanjuti ke teman-teman PDAM. Selain warga, tempat tinggal kami pun terdampak, jadi keluhan hampir merata. Kami sendiri tidak tahu jaringan utilitas atau katup mana yang ditutup, yang berhak menjelaskan PDAM," kata Fikser kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu.

Dalam pertemuan nanti, Pemkot Surabaya juga akan membahas kompensasi yang akan diterima warga yang terdampak dari pengerjaan proyek ini.


Ia mengaku, sebelum proyek penggeseran utilitas pipa ini dilakukan, Pemkot Surabaya dan PDAM telah melakukan simulasi dan kajian beberapa kali. Namun karena ada kendala yang terjadi yang berujung molornya pengerjaan diluar dari perkiraan.

"Pemkot dalam proyek ini sudah dibahas beberapa kali. Jika ada pemutusan pipa, skenarionya bagaimana. Tapi memang ada kendala lain, jadi kami mohon waktu, segera kami komunikasikan dengan teman-teman PDAM," ujar Fikser.

Terkait dengan objek vital yang juga terdampak seperti rumah sakit, pihaknya mengaku akan memproritaskannya dengan mensupplay air melalui mobil tangki.

Fikser yang mewakili Pemkot Surabaya meminta maaf kepada warga Surabaya yang terdampak pengerjaan proyek ini.

"Kami memohon maaf. Kami mengikuti perkembangan dan keluhan-keluhan warga di medsos, dan berkomunikasi dengan teman-teman PDAM. Ini akan jadi perhatian Pemkot atas pelayanan air bersih kepada warga Surabaya," tambahnya.

Seperti diketahui, PDAM Surya Sembada melakukan pergeseran pipa di Jalan Yos Sudarso, terkait pengerjaan basemen alun-alun Surabaya. Dari estimasi awal selesai Sabtu (9/9/2019) pukul 15.30 WIB, namun hingga kini Selasa (10/9/2019) masih belum selesai karena terkendala secara teknis.

Akibat molornya pengerjaan ini, ribuan pelanggan PDAM di wilayah terdampak masih belum bisa menikmati air secara normal.(tin/rst)


Komentar Anda
Komentar 1
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.