KELANA KOTA

BJ Habibie Dapat Berkomunikasi Meski dengan Bahasa Isyarat

Laporan Agustina Suminar | Selasa, 10 September 2019 | 14:08 WIB
BJ Habibie Presiden Republik Indonesia (RI) ke-3 berbicara dalam diskusi bersama Pembangunan Sumber Daya Manusia di kediamannya di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/07/2019). Foto: Antara
suarasurabaya.net - Baharuddin Jusuf Habibie Presiden ketiga Republik Indonesia, yang sedang menjalani perawatan karena sakit, sudah bisa berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Ini disampaikan Theo L Sambuaga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, yang pada Selasa (10/9/2019) menjenguk Habibie di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto.

"Dia berkomunikasi terus dengan cucu yang gede. Cucu anak dari keponakan yah, yang sudah gede itu berkomunikasi langsung dengan bahasa isyarat," kata Theo kepada wartawan di depan Paviliun Kartika Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto di Jakarta.

Theo mengatakan bahwa dia melihat kondisi BJ Habibie dari balik kaca di ruang perawatan.

"Di dalam cuma cucu-cucu. Kita dari kaca. Jadi Beliau baring persis langsung kacanya," kata dia dilansir Antara.


Ia mengatakan, selain anggota keluarga ada beberapa dokter yang berjaga di ruang perawatan intensif tersebut.

Menurut keterangan dari keluarga, BJ Habibie sudah sadar dan dapat berkomunikasi.

"Tadi keluarga cerita, Bapak tetap semangat tinggi," kata Theo.
​​​​​​​
Menurut keterangan resmi Prof dr Azis Rani Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Habibie masuk ke RSPAD Gatot Soebroto sejak Minggu (1/9/2019). Tim dokter kepresidenan menangani perawatan kesehatannya.(ant/tin/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.