KELANA KOTA
Hari Radio Nasional

Bersaing di Era Media Sosial, Radio Harus Ikuti Perubahan Teknologi

Laporan Ika Suryani Syarief | Rabu, 11 September 2019 | 09:37 WIB
Ilustrasi. Grafis: Didik suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Prof. Rachmah Ida, Ph.D., ahli studi media Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Surabaya, mengatakan, di era media sosial seperti saat ini, radio juga harus mengikuti perubahan teknologi.

"Konvergensi teknologi itu menjadi wajib dilakukan. Kenapa harus menghindari media sosial? Social network dengan berbagai media termasuk media sosial itu penting. Melempar isu di berbagai kanal media itu penting," ucapnya di Radio Suara Surabaya pada Hari Radio Nasional ke 74, Rabu (11/9/2019).

Prof. Ida mencontohkan, saat ini generasi muda tahu tren lagu bukan lagi dari radio, tapi dari aplikasi. "Kenapa radio tidak bikin lagi lagu-lagu hits seperti dulu dengan kemasan yang berbeda?"

Berdasarkan pengamatannya, industri radio memang tengah terpuruk di era media sosial. Belum lagi radio juga harus bersaing dengan media lainnya.


Untuk mempertahankan daya saing, mulai tahun 2011, beberapa stasiun radio di Amerika Serikat sudah melakukan perubahan-perubahan konten. Mereka bertransformasi. Programnya lebih progresif. Mereka tidak hanya berpikir tentang konten yang secara umum sudah dilakukan.(iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 1
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.