KELANA KOTA

Rumah Habibie di Parepare Akan Jadi Museum

Laporan Denza Perdana | Rabu, 11 September 2019 | 22:12 WIB
Ilustrasi. Grafis: Purnama suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pemerintah Kota Parepare, Sulawesi Selatan akan jadikan rumah kelahiran Almarhum Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie Presiden ke-3 Indonesia di kota itu menjadi museum bersejarah untuk mengenang jasa-jasanya.

"Ini adalah tempat yang akan kami jadikan museum, karena saya pernah menyampaikan ke beliau dan beliau menantang saya. Dia katakan, saya tantang kamu Taufan untuk membuat museum tapi di rumah kelahiran saya," kenang Taufan Pawe Wali Kota Parepare, dikutip Antara, Rabu (11/9/2019).

Mendengar kabar duka BJ Habibie meninggal, dia menyampaikan rasa duka mendalam dan turut berbelasungkawa atas meninggalnya tokoh panutan bangsa Indonesia itu.

"Kami masyarakat di sini merasa sangat kehilangan akan sosok berkharismatik seperti beliau. Dia adalah bapak bangsa yang patut mendapatkan kehormatan. Selamat jalan Pak, Engkau adalah teladan bagi kami semua," paparnya.


Taufan mengatakan, rencana pembangunan Museum Habibie sudah dapat respons positif dari HM Nurdin Abdullah Gubernur Sulsel dan akan terus melanjutkannya sampai selesai.

Taufan bilang, kalau sebelumnya rumah kelahiran BJ Habibie itu sudah menjadi aset Bank BNI di bawah Kementerian BUMN, namun dirinya bersama BJ Habibie menyempatkan bertemu BNI untuk mengurus rencana pembuatan museum.

"Jadi saya bersama Bapak Habibie dan manajemen BNI sempat bertemu. Pihak BNI mengiyakan. Rencana ini sempat terkendala karena masalah anggaran. Tetapi alhamdulillah, karena ini sudah menjadi aset daerah, insya Allah 2020 kita bangun museum ini," katanya.(den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.