KELANA KOTA

Tokoh-tokoh Nasional Melayat ke Rumah Duka BJ Habibie

Laporan Farid Kusuma | Kamis, 12 September 2019 | 10:25 WIB
Soesilo Bambang Yudhoyono Presiden ke-6 RI, melayat ke rumah duka BJ Habibie, Kamis (12/9/2019), di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sejumlah tokoh nasional dari berbagai kalangan, Kamis (12/9/2019) pagi ini mendatangi rumah duka Bacharuddin Jusuf Habibie Presiden ke-3 Republik Indonesia, di Jalan Patra Kuningan XIII Nomor 3, Jakarta Selatan.

Para tokoh tersebut datang untuk memberikan penghormatan terakhir kepada BJ Habibie, seorang negarawan, ilmuwan, tokoh bangsa yang sudah banyak berjasa untuk Indonesia.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, dari pukul 08.00 WIB, ada Said Aqil Siradj Ketua Umum PBNU, Romo Franz Magnis Suseno Budayawan, Bambang Soesatyo Ketua DPR RI, dan Prasetyo Jaksa Agung.

Sebelumnya Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, dan Basuki Tjahaja Purnama mantan Gubernur Jakarta juga datang ke rumah duka.


Lalu, sekitar pukul 09.05 WIB, Joko Widodo Presiden bersama Iriana Ibu Negara, tiba di rumah duka.

Selama sekitar 5 menit Jokowi dan Ibu Iriana berada di dalam rumah tinggal Pak Habibie.

Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi Presiden mengajak seluruh Rakyat Indonesia mendoakan supaya Pak Habibie diterima di sisi Allah SWT, mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

"Pagi hari ini saya takziah di kediaman rumah Almarhum BJ Habibie, meski pun tadi malam saya juga sudah datang ke RSPAD. Ini adalah sebuah penghormatan besar kita, Rakyat Indonesia, Pemerintah atas jasa-jasa beliau kepada negara. Kita semuanya, masyarakat Indonesia, saya mengajak bersama-sama mendoakan semoga beliau diterima di sisi Allah SWT, mendapat tempat terbaik di sisi-Nya," ujarnya di rumah BJ Habibie, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Kemudian, sekitar Pukul 09.30 WIB, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden ke-6 RI datang bersama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beserta istri dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) juga bersama istrinya.

Di sekitar lokasi, mulai dari pintu masuk kawasan Patra Kuningan, berjejer karangan bunga ucapan belasungkawa dari berbagai kalangan, antara lain akademisi, politisi, Anggota DPR, pejabat negara, serta tokoh masyarakat dan tokoh lintas agama.

Sampai sekarang, masyarakat umum yang ingin menyampaikan ucapan duka cita kepada keluarga sekaligus mendoakan BJ Habibie juga masih berdatangan ke rumah duka.

Supaya tertib, petugas keamanan dari Paspampres mengarahkan arus keluar masuknya masyarakat yang takziah.

Rencananya, nanti pukul 12.30 WIB, upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada Pemerintah, di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3, Jakarta Selatan.

Lalu, pukul 13.00 WIB, jenazah diberangkatkan dari rumah duka menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Prosesi upacara pemakaman jenazah, dijadwalkan berlangsung mulai pukul 13.30 WIB. Joko Widodo Presiden akan bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman kenegaraan. (rid/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.