KELANA KOTA

Jenazah BJ Habibie akan Dibawa ke Taman Makam Pahlawan Kalibata

Laporan Farid Kusuma | Kamis, 12 September 2019 | 12:15 WIB
Mobil pengangkut jenazah sudah siap membawa jasad BJ Habibie ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Rangkaian upacara pemakaman almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie Presiden ke-3 Republik Indonesia, sebentar lagi akan dimulai.

Pantauan suarasurabaya.net di Jalan Patra Kuningan XIII Nomor 3, Jakarta Selatan, pasukan gabungan TNI-Polri sudah bersiap membawa jenazah BJ Habibie ke tempat peristirahatan terakhirnya, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Sementara awak media massa berjejer rapi di depan rumah duka, menunggu mulainya prosesi pemakaman tokoh nasional yang juga dikenal sebagai seorang negarawan, cendekiawan muslim, dan Bapak Teknologi Indonesia.

Sampai pukul 11.45 WIB, masyarakat yang ingin menyampaikan belasungkawa dan mendoakan mendiang BJ Habibie sampai siang hari ini masih berdatangan ke rumah duka.


Dan sekarang, masyarakat umum yang melayat sudah diarahkan untuk keluar dari rumah duka, karena rangkaian upacara pemakaman kenegaraan akan dimulai.

Pada Kamis (12/9/2019) pagi, sejumlah tokoh nasional dari berbagai kalangan seperti politisi, tokoh agama, akademisi, budayawan, sampai pejabat negara bergantian mendatangi kediaman Pak Habibie.

Antara lain, Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mantan Gubernur DKI Jakarta, Franz Magnis Suseno budayawan, dan Said Aqil Siradj Ketua Umum PBNU.

Lalu, sekitar pukul 9.05 WIB, Joko Widodo Presiden bersama Iriana Ibu Negara, kembali takziah ke rumah BJ Habibie.

Sekitar 20 menit kemudian, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden ke-6 RI, datang bersama dua orang anak dan menantunya.

Rencananya, nanti pukul 12.30 WIB, berlangsung prosesi penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada Pemerintah, di rumah duka.

Lalu, pukul 13.00 WIB, jenazah diberangkatkan dari rumah duka menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Berdasarkan informasi, ada dua opsi rute iring-iringan kereta merta atau mobil pembawa jenazah mendiang BJ Habibie menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Opsi pertama, dari rumah duka iringan mobil jenazah akan melewati Jalan Rasuna Said, kemudian melintasi Jalan Gatot Soebroto, lalu Jalan Raya Pasar Minggu, dan masuk ke Jalan Raya Kalibata.

Jarak tempuh opsi pertama itu sekitar 5,3 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh normal 18 menit.

Sedangkan rute alternatif, dari rumah duka, iring-iringan mobil jenazah melintasi Jalan Dukuh Patra ke Jalan Mandala Raya dan Rasamala Raya, lalu tembus ke Jalan Gatot Subroto, Jalan Raya Pasar Minggu dan Jalan Raya Kalibata.

Rute alternatif itu berjarak sekitar 4,1 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh 16 menit.

Mobil jenazah mendiang BJ Habibie akan dikawal puluhan kendaraan roda dua mau pun roda empat yang dikendarai Polisi Militer TNI dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Mobil yang ditumpangi keluarga almarhum BJ Habibie juga ikut dalam rangkaian.

Prosesi upacara pemakaman jenazah, dijadwalkan berlangsung mulai pukul 13.30 WIB. Joko Widodo Presiden akan bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman. (rid/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.