KELANA KOTA

BPJS Ketenagakerjaan Jatim Kejar Potensi 12,5 Juta Calon Peserta Pelaku UMKM

Laporan Denza Perdana | Kamis, 12 September 2019 | 13:43 WIB
Dodo Suharto Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur. Foto: Denza suarasurabaya.net.
suarasurabaya.net - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sedang berupaya mengejar 12,5 juta pelaku usaha kecil dan mikro (UMKM) di Jawa Timur yang berpotensi jadi peserta.

Sampai sekarang total peserta BPJS Ketenagakerjaan di Jawa Timur hampir mencapai 3 juta tenaga kerja. Sebagian besar merupakan tenaga kerja formal mencapai 80-90 persen.

Dodo Suharto Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur mengatakan, peserta dari sektor non formal memang baru 5-10 persen dari total peserta yang ada di Jatim.

"Kami coba kolaborasi dengan Dinas UMKM untuk sektor non formal dan mikro. Bulan-bulan depan kami FGD dengan Dinas UMKM. Potensinya cukup besar UMKM itu, 12,5 juta," katanya, Kamis (12/9/2019).


Demi menjaring lebih banyak peserta dan memastikan keberlanjutan pembayaran iuran, BPJS Ketenagakerjaan sudah berkolaborasi dengan perusahaan e-commerce.

Salah satunya dengan Bukalapak. Dodo mengatakan, pendaftaran peserta baru dan pembayaran iuran sudah bisa dilakukan di aplikasi itu. Selain itu juga dengan Go-Jek. Pembayaran bisa dilakukan dengan Go-Pay.

"Supaya sustainability pembayaran iuran bisa bagus. Jadi semua melalui aplikasi," kata Dodo.(den/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.