KELANA KOTA

Paspor Anda Hilang atau Rusak? Begini Prosedur Pengurusannya

Laporan Dwi Yuli Handayani | Kamis, 19 September 2019 | 10:46 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Paspor Anda hilang atau rusak dan bingung bagaimana prosedur pengurusannya? Guntur Kasi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Tanjung Perak Surabaya mengatakan, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan.

Kata Guntur, terkait aturan pengurusan paspor hilang atau rusak ini tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 8 Tahun 2014.

Guntur menjelaskan, persyaratan utama harus ada bukti laporan kehilangan paspor. Sesudah lengkap maka akan dilakukan pemeriksaan seperti diBAP.

"Nanti diputuskan akan dibuat paspor baru atau harus ditangguhkan minimal 6 bulan atau lebih," kat Guntur pada Radio Suara Surabaya.


Jika masa penangguhan selesai, lanjut dia, maka pemohon bisa mengurus paspor baru disertai surat penangguhan.

Sementara itu terkait denda, kata Guntur, sesuai aturan PP Tahun 2019 tentang PNBP. Jika paspor hilang akan dikenakan denda Rp1 juta dan untuk paspor rusak Rp500 ribu." Denda ini ditambah biaya pembuatan paspor baru Rp350 ribu sampai Rp650 ribu. Check in nomor antrean bisa dilakukan online," ujar dia.

Namun, kata Guntur, jika pemohon keberatan dengan penagguhan bisa mengajukan keberatan. Dari Kemenkuham akan mengeluarkan keputusan selanjutnya seperti apa.

"Kalau untuk pengurusan paspor rusak, pemohon harus membawa bukti fisiknya. Kami imbau, kalau sudah punya paspor jangan sampai hilang atau rusak," pungkasnya. (dwi/rst/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.