KELANA KOTA

Siti Aisah Akhirnya Hafal Tiga Juz Alquran di Usia 80 Tahun

Laporan Agung Hari Baskoro | Minggu, 22 September 2019 | 16:51 WIB
Siti Aisah menerima piala dari Agus Harianto Ketua Yayasan Griya Alquran. Foto: Humas Griya Quran
suarasurabaya.net - Siti Aisah (80 tahun) akhirnya berhasil menghafalkan tiga juz Alquran setelah belajar selama tiga tahun terakhir. Meski sudah berusia lanjut, hal itu tak membuatnya malu belajar bersama dengan ratusan peserta Griya Alquran lain.

Berkat usahanya itu, dia bersama 280 peserta lain berhak mengikuti Wisuda Tahfidz Akbar ke-8 di Ruang Shofa, Masjid Al Akbar Surabaya pada Minggu (22/9/2019). Sebelumnya, ia terlebih dahulu menyetorkan hafalan dua juz Alquran kepada Ustaz Griya Alquran agar bisa ikut wisuda tersebut.

Ia mengaku, ada beberapa alasan kenapa di usia lanjut dia berusaha keras untuk menghafal Alquran. Menurutnya, menghafal alquran memiliki banyak manfaat di usianya yang sudah mencapai angka delapan itu. Salah satunya, agar tak gampang pikun.

Dia mengaku dirinya tak menjadi gampang lupa setelah menghafal Alquran. Selain itu, dia juga percaya dengan menghafal alquran, jazadnya bisa utuh.


"Niki triose lo nggih, triose tiyang, mboten semerap mangke terserah Gusti Allah. Tirose jenazahe tiyang sing apal Quran niku wungkul mboten dipangan cacing (Ini kata orang, tidak tahu nanti, terserah Allah. Katanya, jenazah penghafal Al Qur’an itu utuh, gak dimakan cacing, red)," kata Aisah

Dia juga mengaku bahagia bisa berkumpul dengan para penghafal Alquran lain di wisuda itu. Ia yakin, berkumpul dengan para hafidz Alquran akan membuatnya terus sehat. Tak hanya itu, ia juga merasa lebih tenang dan terhindar dari banyak pikiran ketika menghafal Alquran.

"Karepe kiyambak, kumpul ahli Quran ben diparingi sehat terus, apalane lanjut terus (keinginan sendiri, berkumpul dengan ahli quran agar diberi kesehatan dan bisa terus menghafal, red)," kata perempuan asal Sidoarjo itu.

"Alhamdulillah, ayem, gak mikir macem-macem, gak pengen rekreasi gak pengen dunyo. Barokahe Al Quran, ditambahi umur, diparingi sehat (alhamdulillah, tenang, tidak mikir maca-macam. Tidak ingin rekreasi, tidak ingin dunia. Barokahnya Al Qur’an, umur ditambah, dan semakin sehat)," lanjutnya.

Dia mengaku akan terus melanjutkan hafalannya. Saat ini, ia berusaha menambahkan hafalan Alqurannya yang sudah tiga juz tersebut. (bas/ang)
Editor: Denza Perdana



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.