KELANA KOTA

Risma Perintahkan Kadis PMK Bereskan Akses Damkar di Perkampungan

Laporan Zumrotul Abidin | Rabu, 09 Oktober 2019 | 15:25 WIB
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat melantik 82 pejabat di Balai kota Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya perintahkan Kepala Dinas Kebakaran (PMK) yang baru dilantik, Rabu (9/10/2019), menyelesaikan kendala akses mobil damkar menuju perkampungan.

"PR-nya (Pekerjaan Rumah) dia ngatur yang jadi masalah yang tinggal di kampung-kampung itu, ada polisi tidur, ada parkir tidak benar, ada gapura. Nah ini dia harus menyelesaikan itu. Jadi dia harus jelaskan tentang pengamanan itu kepada warga supaya akses bisa (lancar)," kata Risma usai melantik 82 pejabat di Balai kota Surabaya.

Menurut Risma, untuk mengatasi kebakaran di perkampungan padat dan akses jalan yang sulit dilalui oleh mobil damkar, pihaknya akan menambah unit pemadam dengan menggunakan sepeda motor.

"Nanti juga kita tambah armada kayak walang kadung (unit pemadam dengan menggunakan motor) jadi dia yang bawa selang itu ke lokasi gang-gang sempit tapi pakai motor trail," kata Risma.


Selain motor trail, Pemkot juga akan menambahkan mobil bronto sky lift di tahun mendatang. Bronto sky lift sendiri digunakan untuk menjangkau pemadaman dari atas.

"Mungkin tahun depan kita tambahkan, tapi tidak terlalu tinggi. Kini (dua bronto sky lift) bisa digunakan tandem saat melakukan pemadaman," kata Risma.

Selain itu, Risma juga mengimbau kepada masyarakat jangan menghalangi laju petugas saat perjalanan menuju lokasi misi keselamatan. Sebab menurutnya kendaraan Damkar, Ambulan, dan mobil patroli lainnya itu dilindungi undang-undang.

"Saya sampaikan kendaraan mobil PMK, ambulan, kendaraan polisi itu dilindungi oleh undang-undang. Dia untuk melawan arus, untuk melaju cepat. Kalau di luar negeri dia (pengendara) tidak mau menghindar bisa pidana penjara hukumannya," ungkap Risma.

Risma juga akan memasang kamera di semua kendaraan ambulan dan mobil damkar. Langkah itu, menurutnya efisien bagi petugas bisa merekam pengendara yang menghalangi kendaran petugas dalam misi keselamatan.

"Kita akan lengkapi dengan kamera sehingga dia bisa motret plat nomor. Sehingga kita bisa membantu aparat untuk menindaklanjuti. Sekali lagi karena ini bukan barang yang kita selamatkan tapi nyawa," kata Risma.

Sebelumnya, Risma telah melantik Dedik Irianto yang sebelumnya menjabat Kabag Pemerintahan sekarang mengisi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran menggantikan Irvan Widyanto. Di mata Risma, Dedik dinilai mampu karena memiliki etos kerja tinggi. (bid/dwi/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.