KELANA KOTA

Rakerwil ICSB 2019, Digelar di Ubaya

Laporan J. Totok Sumarno | Rabu, 16 Oktober 2019 | 18:05 WIB
Cinderamata diberikan kepada masing-masing perwakilan peserta Rakerwil ICSB Jawa Timur 2019 di Universitas Surabaya. Foto: Humas Ubaya
suarasurabaya.net - International Council for Small Business (ICSB) organisasi non profit dunia yang bertujuan melanjutkan pendidikan manajemen bagi pengusaha dan usaha kecil menengah, Rabu (16/10/2019) gelar Rapat Kerja Wilayah ICSB Jawa Timur di kampus Ubaya.

Rapat Kerja Wilayah ICSB Jawa Timur, bertajuk: Merajut Karya, Menuju UMKM Jatim Berdaya mengundang pengurus ICSB 38 Kabupaten Kota dan Kota Surabaya dijadwalkan sebagai tuan rumah pelaksanaan Munas ICSB Indonesia 2020.

Gelaran acara hari ini dilaksanakan dalam dua bagian sesi, sesi pagi hingga siang, diselenggarakan berbagai rangkaian seremonial pengenalan dan Kiprah ICSB Jawa Timur, dilanjutkan pelantikan dan pengukuhan pengurus ICSB Wilayah Jawa Timur tingkat Kabupaten dan Kota.

Setelah serangkaian seremonial tersebut, dilanjutkan dengan Seminar Kewirausahaan berjudul: Entrepreneurial Marketing menghadirkan Hermawan Kartajaya, founder and chairman ICSB Indonesia.


Hermawan Kartajaya memberikan tips dan trik tentang entrepreneurial marketing bertajuk: Enterpreunial marketing pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Timur dan mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya).

Hermawan Kartajaya juga menjelaskan peran ICSB di Indonesia dalam membantu meningkatkan pengetahuan dari UMKM untuk menjadi para pelaku usaha yang sukses serta mampu memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi kemakmuran suatu negara.

Veny Megawati, S.T., M.M., Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya sekaligus vice president academic & research ICSB Surabaya menyampaikan bahwa menghadirkan Hermawan Kartajaya merupakan cara memberikan pengetahuan terkait UMKM dan kewirausahaan di Indonesia pada era saat ini.

"Pada tahun ini, Ubaya bersama ICSB Jatim mengusung tema besar yaitu Merajut Karya, Menuju UMKM Jatim Berdaya. Kegiatan ini merupakan tahun kedua Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Ubaya bekerja sama dengan ICSB Jatim dalam memberikan wawasan dan menggandeng para pelaku UMKM agar bisa naik kelas menjadi eksportir," terang Veny Megawati.

Hadir enam tenant UMKM yang memamerkan dan menjual produk kepada pengunjung maupun peserta seminar yang hadir. Pelaku usaha se Jawa Timur dapat bertukar informasi terkait UMKM dan kewirausahaan.

Ubaya merupakan kampus yang peduli akan perkembangan UMKM dengan mendampingi dan mendorong pelaku usaha untuk terus meningkatkan nilai produk. Nantinya produk memiliki daya saing tinggi dan mampu bersaing secara kompetitif di tingkat nasional maupun internasional.

Pada kesempatan lain, dikukuhkan pengurus ICSB Kabupaten dan Kota se Jawa Timur, dibuka sambutan Ir. Benny Lianto, MMBAT., Rektor Ubaya. Juga dilakukan penandatanganan kerjasama nota kesepahaman antara ICSB, Ubaya sebagai Perguruan Tinggi, dan Business Practitioner.

Sebagai organisasi non-profit, ICSB saat ini memiliki jaringan global di 85 negara berfokus pada pemberdayaan UMKM serta penyebaran semangat kewirausahaan.

Terdapat empat pilar utama yang saling bersinergi untuk memperkuat perkembangan UMKM di tanah air, yaitu Academician, Researcher, Policy Maker dan Business Practitioner.

Ubaya merupakan perguruan tinggi yang tergabung dalam anggota ICSB Jatim dan termasuk dalam pilar academician serta terlibat aktif dalam mendukung kegiatan para pelaku UMKM di Jawa Timur.

"Ubaya berhasil memperoleh apresiasi dan penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2019 kategori Academician atas dedikasi dan komitmennya dalam mendukung kemajuan UMKM di Jawa Timur. Kami berharap mahasiswa dan para pelaku usaha mendapat pengetahuan baru mengenai kewirausahaan dan memperluas jaringan kerjasama bisnis," tegas Veny.

Rapat Kerja Wilayah ICSB Jawa Timur, Rabu (16/10/2019) dimulai dengan pemaparan Mufid Wahyudi Koordinator Wilayah ICSB Jawa Timur, dilanjutkan pemaparan berbagai kiprah sukses organisasi ICSB Indonesia di tingkat lokal maupun nasional.(tok/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.