KELANA KOTA

Tiga Gelar Bergengsi Direbut ITS di Academic Leader Award 2019

Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 17 Oktober 2019 | 17:33 WIB
ITS Surabaya raih tiga gelar juara di ajang bergengsi Academic Leader Award 2019. Foto: Humas ITS
suarasurabaya.net - Prestasi membanggakan ditorehkan tiga dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam ajang bergengsi Academic Leader Award 2019 gelaran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc., sebagai pemenang pertama Academic Leader Award 2019 dalam bidang Keilmuan Kemaritiman, mengangkat Automatic Identification System ITS (AIS ITS) sebagai produk yang diunggulkan melalui bidang ini.

"Hal yang lebih ditekankan adalah bagaimana AIS ITS dikembangkan, ditingkatkan, hingga berhasil dikomersialisasikan," terang Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc.

Ketut Buda Arthana menambahkan, dengan berhasil dikomersialisasikannya produk tersebut akan meningkatkan potensi produk itu untuk digunakan dalam industri.


AIS ITS sendiri sudah dikembangkan sejak lama melalui bantuan berbagai pihak seperti banyak laboran di ITS, Science Technopark, Pusat Unggulan Iptek (PUI), hingga dukungan ITS sebagai institusi. "Maka dari itu, penghargaan ini sejatinya saya anggap diberikan untuk ITS, bukan untuk saya pribadi," kata Ketut.

Academic Leader Award sendiri merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti melalui Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti.

Ada tiga kategori utama yang dinominasikan yaitu Academic Leader untuk Dosen dengan Tugas Tambahan sebagai Rektor, Academic Leader untuk Dosen dengan Tugas Tambahan sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), dan Academic Leader untuk dosen dalam berbagai bidang.

"Nah saya masuk kategori dosen di antara delapan bidang yang dilombakan, yaitu bidang Keilmuan Kemaritiman," papar mantan Wakil Rektor IV ITS ini.

Selain Ketut, dua dosen ITS lainnya juga mendapatkan penghargaan serupa. Yaitu, Prof Dr Ir Suprapto DEA sebagai pemenang Academic Leader kategori Dosen dengan Tugas Tambahan sebagai Kepala LLDIKTI dan Prof Dr Drs Darminto MSc sebagai juara 2 Academic Leader bidang Keilmuan Sains.

Saat ini, Prof Suprapto yang merupakan guru besar Teknik Kimia ITS dipercaya menjabat sebagai Kepala LLDIKTI VII, sedangkan Prof Darminto yang merupakan guru besar Fisika ITS saat ini menjabat sebagai Sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA) ITS.

"Dengan beberapa penghargaan untuk dosen ITS ini diharapkan dapat memotivasi kami untuk semakin meningkatkan layanan dan inovasi dalam bidang yang ditekuni," pungkas guru besar Teknik Sistem Perkapalan ini.(tok/tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.