KELANA KOTA
Hari Santri Nasional ke-5

33 Ribu Santri Sidoarjo Ikuti Pawai Santri Nusantara

Laporan Denza Perdana | Minggu, 20 Oktober 2019 | 09:47 WIB
Pawai Santri Nasional dari Alun-Alun Sidoarjo dalam rangka puncak perayaan Hari Santri Nasional ke-5 2019, Minggu (20/10/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sebanyak 33 ribu santri dari 18 kecamatan di Sidoarjo mengikuti Pawai Santri Nasional dari Alun-Alun Sidoarjo dalam rangka puncak perayaan Hari Santri Nasional ke-5 2019, Minggu (20/10/2019).

Para peserta Pawai Santri Nusantara ini menampilkan dekorasi lambang maupun ikon dari daerah masing-masing. Misalnya, ada kelompok santri yang membuat dekorasi logo Nahdlatul Ulama.

Dekorasi logo NU itu cukup besar berbahan logam lengkap dengan bola dunia yang bisa berputar. Para santri membawa logo itu dalam kirab puncak perayaan Hari Santri Nasional ini.

Peserta pawai juga membawa dekorasi yang menampilkan kekhasan budaya masing-masing kecamatan. Misalnya santri Waru membawa kubah tertempel sandal yang menjadi ikon kecamatan itu. Lalu santri Kecamatan Tanggulangin dengan tas dan kopernya.



Santri Waru membawa kubah tertempel sandal yang menjadi ikon kecamatannya. Foto: Ifa Arum via e100

Rizza Ali Ketua Panitia mengatakan, Pawai Santri Nusantara ini adalah puncak perayaan Hari Santri Nasional ke-5 di Sidoarjo. Ada sejumlah rangkaian kegiatan yang sudah digelar sebelum pawai hari ini.

"Ada Duta Santri, Munajat Santri, juga Ishari. Pawai Santri Nusantara ini adalah puncak peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Sidoarjo," kata Rizza di sela-sela pemberangkatan pawai dari masing-masing kecamatan.

Pawai Santri Nusantara ini, kata Rizza, adalah implementasi dari tema Hari Santri Nasional, yakni "Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia." Santri Sidoarjo, kata dia, akan menyampaikan pesan damai itu.

Perlu diketahui, kegiatan Pawai Santri Nusantara ini menggunakan sejumlah ruas jalan di Sidoarjo. Pawai berangkat dari Alun-Alun Sidoarjo tepatnya di Jalan Cokronegoro depan Pendapa Sidoarjo.

Rombongan pawai akan berjalan kaki dari Alun-Alun ke Jalan Ahmad Yani menuju ke Jalan Gajah Mada. Peserta lantas diarahkan ke Jalan Sisingamangaraja untuk lalu kembali ke Alun-Alun lewat Jalan Diponegoro.

Di persimpangan Jalan Diponegoro-Jalan Pahlawan, pawai akan berjalan terus menuju ke Jalan Sultan Agung hingga sampai ke kawasan Alun-Alun dan menuntaskan pawainya di depan Pendapa Sidoarjo.

Rizza Ali mengatakan, nanti setelah pawai tuntas dilaksanakan, para peserta akan dikumpulkan di tengah lapangan Alun-Alun Sidoarjo. Mereka akan mengucapkan Ikrar Santri lalu melakukan sujud syukur atas pelantikan Jokowi-Maruf Amin hari ini.(den/iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.