KELANA KOTA

Bendera Merah Putih Membentang di Sepanjang Suramadu Sambut Pelantikan Presiden

Laporan Anggi Widya Permani | Minggu, 20 Oktober 2019 | 11:35 WIB
Bendera merah putih raksasa menyambut pelantikan Joko Widodo Presiden dan Ma'ruf Amin Wakil Presiden, Minggu (20/10/2019). Foto: Humas Polres Perak
suarasurabaya.net - Bendera merah putih raksasa menyambut pelantikan Joko Widodo Presiden dan Ma'ruf Amin Wakil Presiden, Minggu (20/10/2019). Bendera dengan panjang 1.000 meter itu dibentangkan di Jembatan Suramadu oleh 1.000 orang, baik dari jajaran Forkopimda dan elemen masyarakat.

Kegiatan yang bertajuk Parade Merah Putih ini, juga dimeriahkan dengan pelepasan 1.000 balon merah putih. Kemudian aksi 100 perahu nelayan yang bergerak dari sisi barat ke sisi timur jembatan Suramadu, untuk mengibarkan bendera merah putih.

AKBP Rama Samtama Putra Kapolres Bangkalan mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud bahwa masyarakat di wilayah hukum Polres Bangkalan dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, yang digelar siang ini di Jakarta.


Bendera merah putih raksasa menyambut pelantikan Joko Widodo Presiden dan Ma'ruf Amin Wakil Presiden, Minggu (20/10/2019). Foto: Humas Polres Perak


Selain itu, berkomitmen bahwa Jatim tetap aman untuk Indonesia damai. Adapun harapan setelah digelarnya pelantikan hari ini, kata Rama, bisa membawa Indonesia semakin maju dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

"Hari ini kita gelar, bekerja sama dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan Forkopimda Bangkalan terkait kegiatan Parade Merah Putih. Diikuti kurang lebih 2.000 warga masyarakat dengan membentangkan bendera merah putih ukuran raksasa," kata Rama.

Untuk pengamanan jelang pelantikan, kata Rama, masih tetap dilakukan. Sekitar 500 personel gabungan bersiaga di beberapa titik, seperti di alun-alun Bangkalan, wilayah perbatasan Suramadu, dan polsek-polsek yang berpotensi adanya gangguan kamtibmas.

Kendati demikian, pihaknya optimistis Jatim khususnya di wilayah Bangkalan tetap kondusif. Sebab, pihaknya sebelumnya sudah melakukan pendekatan dengan tokoh agama dan masyarakat lewat kegiatan keagamaan.

"Kami dari kemarin juga beberapa kali menggelar doa bersama, istigosah, dan tablig. Karena Bangkalan sendiri terkenal sebagai Kota Santri. Jadi Alhamdulillah, saya pikir semua berkomitmen ya untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta menyambut baik Presiden dan Wakil Presiden Terpilih untuk periode 5 tahun ke depan," ungkapnya.

Kegiatan Parade Merah Putih di Jembatan Suramadu sudah selesai pada pukul 08.30 WIB. Jalur dari Madura ke Surabaya yang sebelumnya ditutup, sudah dibuka kembali dan arus lalu lintas kembali normal. (ang/iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.