KELANA KOTA

Risma Batal Memimpin Upacara Hari Santri di Tugu Pahlawan

Laporan Denza Perdana | Selasa, 22 Oktober 2019 | 09:21 WIB
Ribuan santri dari berbagai kawasan di Surabaya mengikuti upacara Hari Santri Nasional 2019 di Tugu Pahlawan, Selasa (21/10/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Ribuan santri dari berbagai kawasan di Surabaya mengikuti upacara Hari Santri Nasional 2019 di Tugu Pahlawan, Selasa (21/10/2019). Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya seharusnya menjadi inspektur.

Namun, pada pelaksanaannya, yang menjadi inspektur upacara adalah Muhibbin Zuhri Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya. Risma tidak terlihat hadir di upacara ini.

Febriadhitya Prajatara Kabag Humas Pemkot Surabaya mengatakan, Risma tidak hadir karena kemarin baru saja menempuh perjalanan panjang Jerman-Surabaya. Selain itu, pagi ini ada rapat dengan staf.

"Ya, karena kemarin, kan, habis perjalanan panjang dari Jerman ke Surabaya. Sudah ada yang mewakili juga, kan? Pak Muhibbin. Selain itu, pagi ini juga ada rapat dengan staf. Coffee morning biasa," kata Febri.


Kemarin, sempat beredar dua foto Risma mengenakan kemeja putih bersama Didik Prasetiyono Direktur Surabaya Consulting Group (SCG) yang pernah menjadi pengurus DPC PDI Perjuangan Surabaya.

Foto di lift dan di depan sebuah mobil yang beredar di grup-grup WhatsApp itu disebut-sebut berlokasi di Jakarta. Febri membantahnya. Dia tegaskan, itu adalah foto lama.

Beredarnya foto ini bikin heboh karena ada wacana Risma menjadi kepala daerah yang mendapat promosi menteri di kabinet baru Joko Widodo-Ma'ruf Amin Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

"Tidak ada itu. Itu ternyata foto lama. Saya juga sempat kebingungan, sampai ditelepon rekan-rekan dari Jakarta menanyakan kabar itu," kata Febri.

Di Tugu Pahlawan, Adi Sutarwijono Ketua DPRD Kota Surabaya mengatakan, dia dengar Risma sedang sakit, karena itu wali kota perempuan pertama di Surabaya itu tidak bisa hadir di upacara.

"Saya dengar hari ini Bu Wali sakit. Karena kemarin habis perjalanan dari luar negeri. Mungkin kecapaian," kata Awi. "Enggak (bukan dari Jakarta), dari Jerman. Perjalanan internasional."

Mengenai komentar Ketua DPRD Surabaya yang akrab disapa Awi itu, Febri sebagai Kabag Humas Pemkot Surabaya juga membantahnya. Risma dalam kondisi sehat dan sudah memimpin rapat dengan staf.

"Ibu sehat, kok. Hari ini beliau keliling dari satu OPD ke OPD lain di Kantor Pemkot Surabaya. Biasa, memberikan wejangan pagi begitu," katanya. "Tadi tidak hadir karena habis perjalanan dari Jerman saja."

Upacara perayaan Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan berjalan lancar. Ribuan santri hadir dalam upacara itu meski ada sebagian dari mereka yang tidak kebagian tempat karena lokasi sudah penuh.

Lalu lintas di sekitaran Tugu Pahlawan pagi tadi juga ramai lancar. Tidak ada kendala berarti dalam upaya rekayasa lalu lintas saat berlangsungnya upacara di dalam kompleks Tugu Pahlawan.(den/tin)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.