KELANA KOTA

Pertempuran 10 November Dihidupkan Lagi di Jalan Gubernur Suryo

Laporan Agung Hari Baskoro | Sabtu, 09 November 2019 | 09:26 WIB
Parade Surabaya Juang di Jalan Gubernur Suryo depan Gedung Negara Grahadi menggelar teaterikal Perang 10 November 1945. Ini menggambarkan pertempuran antara tentara sekutu Inggris dengan pejuang Surabaya. Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Parade Surabaya Juang saat sampai di Jalan Gubernur Suryo depan Gedung Negara Grahadi langsung menggelar teaterikal Perang 10 November 1945.

Ini menggambarkan pertempuran antara tentara sekutu Inggris dengan pejuang Surabaya. Sebelum pertempuran berlangsung, ada penampilan musik dari penyanyi asal Surabaya yang membawakan lagu Seraut Wajah dari Ebiet G. Ade.

Perjalanan Parade Surabaya Juang pada Sabtu (9/11/2019) pagi diawali dari Tugu Pahlawan menuju Jalan Tunjungan. Saat tiba di depan gedung Siola Jalan Tunjungan mereka menggelar atraksi teaterikal juga, kemudian menggelar upacara di depan Hotel Majapahit. Puluhan anggota veteran ikut melaksanakan upacara dan perobekan bendera yang disertai pembacaan puisi.


Peserta Parade Surabaya Juang saat aksi teaterikal di Jl. Gubernur Suryo. Foto: Baskoro suarasurabaya.net


Kemudian perjalanan Parade Surabaya Juang dilanjutkan ke Jalan Gubernur Suryo.

Pantauan suarasurabaya.net, sejak pukul 06.30 WIB, Taman Apsari yang berada di depan Grahadi sudah dipadati warga. Sambil menunggu kedatangan rombongan Parade Surabaya Juang, mereka menikmati berbagai kuliner dadakan yang dijajakan di sekitaran taman.

Ada penampilan live music dari Band Sekarang Jagad di depan tribun untuk menghibur warga yang menunggu. Sekitar pukul 08.00 WIB, Jalan Gubernur Suryo sudah mulai disterilkan.

Sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan Parade Surabaya Juang tiba di Jalan Gubernur Suryo depan Gedung Negara Grahadi. Mereka disambut dengan rekaman pidato Bung Tomo. Juga ada replika Radio Bekupon yang dulu menjadi alat propaganda perjuangan melawan tentara Inggris.

Rombongan Parade Surabaya Juang ini barisan depan diisi pasukan teaterikal lalu disusul drum band dan barisan Forpimda Kota Surabaya. Di belakang barisan yang berjalan kaki ada mobil perang tank anoa yang dinaiki Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

Di belakang mobil Anoa ini masih banyak rombongan para pelajar dan masyarakat yang menjadi peserta pawai.

Parade Surabaya Juang 2019 yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ini dimulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul Surabaya, dengan rute Jalan Pahlawan - Jalan Gemblongan - Jalan Tunjungan - Siola - Jalan Gubernur Suryo - Jalan Panglima Sudirman - Jalan Urip Sumoharjo - Jalan Darmo - Taman Bungkul. (bas/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.