KELANA KOTA

Banyak Produk Asing di Indonesia, Gerakan Beli Indonesia Diklaim Bela Bangsa

Laporan Agung Hari Baskoro | Sabtu, 09 November 2019 | 20:56 WIB
Deklarasi Gerakan Beli Indonesia turut di Surabaya pada Sabtu (9/11/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Banyaknya produk asing yang beredar di Indonesia membuat beberapa pihak mendorong gerakan kesadaran membeli produk-produk asli Indonesia. Bermula dari sebuah gerakan yang terbentuk pada 2011 lalu di Semarang, Gerakan Beli Indonesia turut di deklarasikan di Surabaya pada Sabtu (9/11/2019). Bertempat di Atrium Hall, Gedung DBL Arena, Surabaya Heppy Trenggono Pemimpin gerakan ini menegaskan, gerakan ini adalah upaya nyata untuk mewujudkan minat wirausaha masyarakat Indonesia.

"Kami terpanggil untuk turut memberikan kontribusi nyata melalui Gerakan Beli Indonesia dimana ada tiga doktrin yang ingin kami tekankan lewat gerakan ini. Yakni, membeli produk Indonesia, membela bangsa Indonesia, dan menghidupkan persaudaraan," ujar Heppy pada Sabtu (9/11/2019).

Doktrin ini dibuat untuk mengikis anggapan bahwa membeli produk asing adalah hal yang keren. Mereka berharap, masyarakat sadar bahwa membeli produi lokal Indonesia adalah hal yang baik untuk kemandirian ekonomi bangsa.

"Dengan adanya Gerakan Beli Indonesia diharapkan dapat menumbuhkan suburkan minat kewirausahaan pada pemuda dan mendorong lahirnya produk-produk lokal," jelasnya.


Selain deklarasi, acara Beli Indonesia juga diramaikan dengan pameran produk-produk karya anak bangsa serta diskusi dengan tema "Gerakan Beli Indonesia Sebagai Strategi Nasional Ketahanan Ekonomi dan Krisis Global". (bas/iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.