KELANA KOTA

Polisi Bojonegoro Bantu Persalinan Astri di Kawasan Hutan

Laporan Anggi Widya Permani | Jumat, 06 Desember 2019 | 21:32 WIB
Ipda BJ Handoko membantu persalinan Astri Sulistyoningsih (32), perempuan hamil yang terkapar di pinggir jalan kawasan hutan RPH Sugihan, Desa Betek, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Pada Jumat (6/12/2019) pagi, Ipda BJ Handoko dikejutkan dengan seorang perempuan dalam kondisi hamil terkapar di pinggir jalan kawasan hutan RPH Sugihan, Desa Betek, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro.

Perempuan itu bernama Astri Sulistyoningsih (32) warga Desa Gondang, Bojonegoro. Di sampingnya, ada Yuliono (36) suami Astri yang kebingungan karena istrinya hendak melahirkan.

Ipda BJ Handoko yang sedang melintas langsung menghentikan motornya. Dia spontan membantu proses persalinan Astri, yang saat itu kondisi kepala bayi sudah keluar dari rahim sang ibu. Dia juga berusaha menghubungi pihak Puskesmas Gondang untuk meminta pertolongan.

Namun, belum sampai petugas tiba di lokasi, bayi Astri sudah lahir. Bayi laki-laki itu lahir dengan selamat. Kemudian, baik bayi dan ibunya langsung dievakuasi ke Puskesmas Gondang untuk mendapatkan perawatan.


"Untuk bayinya dirujuk ke RSU Bojonegoro dikarenakan bayinya prematur. Sedangkan untuk ibunya masih dirawat di Puskesmas Gondang," kata Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jatim.

Adapun kronologi kejadian itu, berawal saat Yuliono suami Astri membawa istrinya ke bidan untuk periksa kehamilan. Namun sesampainya di sana, bidan menyarankan untuk dibawa ke Puskesmas Gondang karena usia kandungannya yang sudah tua.

Mereka pun menuju ke Puskesmas Gondang. Tapi saat diperjalanan, tiba-tiba Astri merasa tidak kuat untuk melanjutkan perjalanannya. Sehingga Yuliono suaminya menghentikan sepeda motornya di pinggir jalan.

Melihat tanda-tanda istrinya yang hendak melahirkan, Yuliono mencari bantuan di sekitarnya. Kemudian ada Ipda BJ Handoko yang sedang melintas, dan langsung spontan menolong mereka. Warga sekitar yang melihat itu juga turut membantu. (ang/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.