KELANA KOTA

KAI Daop 8 Siapkan Lima Kereta Tambahan Libur Nataru

Laporan Denza Perdana | Rabu, 11 Desember 2019 | 18:21 WIB
Ilustrasi. Foto: dok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 menyiapkan lima kereta api tambahan untuk untuk mengatasi lonjakan penumpang pada libur perayaan Natal dan Tahun baru (Nataru) 2020.

Pada libur Nataru 2018 lalu, terdata sebanyak 749.700 penumpang yang menggunakan jasa KAI DAOP 8. Prediksinya tahun ini akan terjadi lonjakan penumpang menjadi 778.198 orang.

"Prediksi kenaikan penumpang pada 2019 itu, secara persentase sebanyak 4 persen dibandingkan tahun lalu," kata Suprapto Manajer Humas KAI DAOP 8 di Surabaya, Rabu (11/12/2019).

Lima kereta api tambahan itu antara lain Kereta Api Gajayana (Malang-Gambir), Sembrani (Pasar Turi-Gambir), Sancaka (Surabaya Gubeng-Yogyakarta), Kertajaya (Pasar Turi-Pasar Senen), dan Matarmaja (Malang-Semarang-Pasar Senen).

Dengan kereta api tambahan itu, total unit yang akan beroperasi selama 18 hari arus libur Nataru menjadi 78 unit. Kereta itu beroperasi mulai 19 Desember 2019 sampai 5 Januari 2020 mendatang.


Suprapto mengatakan, puncak lonjakan penumpang pada libur Nataru 2019 ini diprediksi antara 22-29 Desember 2019. Jurusan paling diminati: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo dan Semarang.

"Untuk libur Nataru kali ini, Daop 8 tidak memberi harga spesial atau diskon untuk kereta api komersial, baik untuk kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif," kata Suprapto.

Alasannya, KAI sudah menerapkan batas bawah dan batas atas sesuai aturan yang berlaku. Dia pun menegaskan, masyarakat sudah bisa mulai memesan tiket KA di seluruh kanal resmi penjualan tiket.

Beberapa kanal itu antara lain aplikasi KAI Access, situs kai.id, serta sejumlah aplikasi yang telah bekerja sama secara resmi dengan PT KAI.

Sementara untuk kereta lokal, tiket sudah bisa dipesan sejak H-7 keberangkatan melalui aplikasi KAI Access atau tiga jam sebelum keberangkatan di loket stasiun.

Soal pengamanan selama Libur Nataru, DAOP 8 akan menerjunkan tambahan keamanan sebanyak 516 personil. Baik TNI maupun Polri, setiap stasiun yang dikelola DAOP 8.

Tidak hanya itu, untuk menjamin keamanan jalur rel kereta api yang ada, KAI DAOP 8 juga akan melakukan penambahan personel di lapangan sebanyak 128 petugas selama libur Nataru 2019.(den/dwi/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.