KELANA KOTA

Presiden Ingatkan Menteri BUMN Membagi Proyek dengan Pengusaha Muda

Laporan Farid Kusuma | Rabu, 15 Januari 2020 | 14:44 WIB
Joko Widodo Presiden memberikan arahan dalam acara pelantikan pengurus HIPMI 2019-2022, Rabu (15/1/2020), di Hotel Raffles, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: Biro Pers Setpres
suarasurabaya.net - Joko Widodo Presiden, Rabu (15/1/2020) menghadiri acara pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2019-2022, di Hotel Raffles, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Sebanyak 170 pengusaha muda mengucapkan janji jabatan yang dipandu Mardani Maming Ketua Umum HIPMI, di hadapan Presiden, Ketua MPR dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sesudah prosesi pelantikan, Jokowi Presiden memberikan arahan kepada para pengusaha muda untuk menjalin kemitraan dengan berbagai entitas bisnis, termasuk dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pada kesempatan itu, Presiden kembali mengingatkan Erick Thohir Menteri BUMN untuk membagi porsi pekerjaan (proyek) dengan pengusaha muda yang tergabung dalam organisasi HIPMI.


Jokowi bilang, jangan sampai semua proyek di BUMN digarap oleh anak dan cucu perusahaan plat merah.

"Saya sudah titip ke Pak Erick Thohir agar jangan sampai pekerjaan-pekerjaan yang ada di BUMN semuanya dikerjakan BUMN sendiri, oleh anak dan cucu perusahaan BUMN. Berikan porsi yang besar pada swasta, khususnya pengusaha muda yang tergabung di HIPMI," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden mengungkapkan, dalam setahun BUMN mengelola proyek yang nilainya sekitar Rp2400 triliun. Jumlah itu lebih banyak ketimbang target Pendapatan Negara tahun 2020 yang ada di kisaran Rp2.200 triliun.

Dengan menjadi mitra strategis Pemerintah, Jokowi berharap bisnis para pengusaha muda bisa naik kelas, dari yang kecil jadi menengah, dan yang menengah menjadi besar.

Selain itu, Presiden minta para pengusaha mampu menghadirkan sentra-sentra ekonomi baru yang membuat perekonomian nasional semakin berkembang.(rid/tin/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA