KELANA KOTA

Air Sungai Sumput Sidoarjo Berbusa Seperti Salju

Laporan Zumrotul Abidin | Sabtu, 18 Januari 2020 | 12:56 WIB
Air sungai yang mengalir selepas pintu air Dam Sumput, Sidoarjo menjadi berbusa seperti salju, Sabtu (18/1/2020). Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Fenomena air sungai berbusa di aliran Sungai Dam Sumput Sidoarjo menarik perhatian warga pada Sabtu (18/1/2020). Air sungai yang mengalir selepas pintu air menjadi berbusa seperti salju. Aliran air berbusa ini cukup panjang hingga ke timur arah Pagerwojo.

Hapid (50) warga Sumput mengatakan, dalam sebulan ini sudah dua kali terjadi fenomena sungai berbusa. Tiga hari lalu busa tiba-tiba muncul saat malam hari. Tapi, untuk hari ini lebih parah karena bertahan hingga siang dan busanya tebal.

"Kamis malam juga keluar tapi paginya hilang. Kalau ini mulai tadi malam tebal, sampai siang makin tebal busanya," ujarnya kepada susrasurabaya.net.

Karena mendapat perhatian warga, Polsek Sidoarjo Kota turun untuk mengambil sampel.


Ipda Ali Mahmud Kanit Reskrim Polsek Sidoarjo Kota di lokasi mengatakan, pengambilan sampel air ini untuk kepentingan penyelidikan terkait air aliran sungai berbusa. Sampel air ini akan dibawa untuk diuji di laboratorium.

"Kamii ambil sampelnya dua jenis. Air yang berada di barat Dam dan air yang tampak berbusa dii timur Dam," katanya.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, air berbusa ini tidak berbau. Selain itu, dari aliran sungai berbusa ini juga tidak menimbulkan ikan mati. Seperti pada aliran air cabang sungai ini yang dibuat keramba ikan lele juga tidak berpengaruh. Artinya lele di kerambah milik warga sekitar tidak mati.

Endarto Kasi Pengaduan dan Sengketa Lingkungan dan penegakan hukum Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo juga memantau mengambil sampel. Kemarin juga sudah ditelusuri, tapi begitu sampai Pagerwojo sampai Citra Garden sudah normal airnya.(bid/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA