KELANA KOTA

Instagram Hilangkan Tombol IGTV dari Beranda

Laporan Agustina Suminar | Minggu, 19 Januari 2020 | 20:53 WIB
Hasil tangkap layar aplikasi Instagram, Minggu (19/1/2020). Instagram menghapus tombol IGTV di beranda pada aplikasi untuk Android (kiri), namun pembaruan tersebut belum terjadi pada aplikasi untuk iOS (kanan). Foto: Antara
suarasurabaya.net - Instagram menghapus tombol IGTV di beranda pada aplikasi utamanya. Tujuannya untuk mempermudah pengguna dalam membuat dan menemukan konten IGTV.

"Kami telah belajar bahwa sebagian besar orang menemukan konten IGTV melalui pratinjau di Feed, saluran IGTV di Explore, profil pembuat dan aplikasi mandiri," kata juru bicara Facebook kepada TechCrunch yang dilansir Antara, Sabtu (18/1/2020).

"Sangat sedikit yang mengklik ikon IGTV di sudut kanan atas layar utama di aplikasi Instagram. Kami selalu berusaha menjaga Instagram sesederhana mungkin, jadi kami menghapus ikon ini berdasarkan pembelajaran dan umpan balik dari komunitas kami," sambung dia.

Berdasarkan pantauan, Minggu (19/1/2020), tombol IGTV memang telah hilang pada aplikasi Instagram untuk Android versi terbaru, 124.0.0.17.473. Sementara, pada aplikasi Instagram untuk iOS versi terbaru, 124.0, tombol IGTV masih ada di pojok kanan atas beranda.


Untuk melihat unggahan video dengan durasi panjang, pengguna kini perlu mengetuk tab IGTV di dalam Instagram Explore. Selanjutnya, pengguna dapat menekan tombol plus (+) jika ingin mengunggah video IGTV.

Atau, pengguna dapat mengunggah dengan cara upload sperti biasa di bagian (+), lalu pilih video. Selanjutnya, akan ada dua opsi yaitu Video Pendek, untuk membagikan video satu menit ke profil dan beranda, atau Video Panjang, untuk membagikan video lengkap ke IGTV.

Cara lainnya adalah pengguna dapat mengunggah video berdurasi lebih dari satu menit lewat aplikasi IGTV yang memiliki tampilan menyerupai IGTV di dalam Explore pada aplikasi Instagram.

Namun, aplikasi IGTV tampaknya masih jarang digunakan oleh pengguna Instagram. Menurut catatan TechCrunch, hanya tujuh juta dari lebih dari 1 miliar pengguna Instagram telah mengunduh aplikasi IGTV dalam 18 bulan sejak diluncurkan.(ant/tin)
Editor: Denza Perdana



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.