KELANA KOTA

Jadi Kapolres Perempuan Satu-Satunya di Jatim, AKBP Ganis Tetap Tindak Tegas Kriminalitas Jalanan

Laporan Agustina Suminar | Senin, 20 Januari 2020 | 14:10 WIB
AKBP Ganis Setyaningrum (kanan) Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak saat siaran di Radio Suara Surabaya bersama AKP Sigit Indra (kiri) Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, di ruang siar Radio Suara Surabaya, Senin siang (20/1/2020). Foto: Tina suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Resmi dilantik pada 3 Januari lalu, AKBP Ganis Setyaningrum menjadi satu-satunya perempuan yang menjabat sebagai Kapolres di Polda Jawa Timur. AKBP Ganis menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, setelah sebelumnya menjadi Kasubdit Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Meski perempuan, namun ia mengaku akan menindak tegas pelaku kriminalitas jalanan seperti Curat (pencurian dengan pemberatan), Curas (pencurian dengan kekerasan) dan Curanmor (pencurian kendaraan bermotor).

Tidak hanya itu, ia juga tidak akan ragu untuk menindak tegas pelaku kejahatan narkoba yang terus berkembang dari hari ke hari.

"Terkait kejahatan 3C tidak akan ada toleransi dan akan ditindak tegas. Kemarin saja kita sudah tangkap 16 tersangka pelaku kejahatan curat, curas dan curanmor," katanya saat berada di ruang siaran Radio Suara Surabaya, Senin siang (20/1/2020).



Jajaran Anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak berfoto bersama dengan para panyiar Radio Suara Surabaya. Foto: Tina suarasurabaya.net

Seperti diketahui, AKBP Ganis menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak menggantikan AKBP Antonius Agus Rahmanto yang saat ini dipindah tugas menjadi Wakapolresta Bandung. Namun ia menegaskan bahwa tidak ada perbedaan dalam menindak kejahatan meskipun ia seorang perempuan.

"Kalau untuk pendekatannya sama aja. Perempuan kan pendekatannya lebih personal, hati seorang ibu. Tapi kalau di Surabaya Utara karakteristriknya berbeda, kerawanan tinggi, kami perempuan juga tetap tegas," imbunnya.

Terkait program kedepan, ia mengaku tidak banyak yang diubah karena program di Polres Pelabuhan Tanjung Perak sebelumnya menurutnya sudah baik.

"Programnya masih tetap mempertahankan program sebelumnya, seperti persiapan pengamanan pemilihan (Pilwali Surabaya), Cangkrukan, Narsis. Narsis ini biasanya menyapa adik-adik sekolah yang sudah terjadwalkan semua," tambahnya.

Sedangkan untuk merespon peluncuran e-tilang di kawasan Surabaya, pihaknya mengaku masih berkoordinasi untuk pihak Dishub Surabaya untuk titik-titik mana saja yang akan dipasang kamera CCTV. Ini mengingat untuk wilayah Polres Pelabuhan Tanjung Perak, baru satu kamera yang terpasang yakni di Jalan M. Nur.

Dalam siaran sekitar 15 menit itu, AKPB Ganis meminta kerjasama dengan seluruh jajaran terutama seluruh warga Surabaya, untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.(tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.