KELANA KOTA

Jalan MERR Akan Dibuka Setelah Median Jalan Pondok Chandra Dibongkar

Laporan Denza Perdana | Senin, 20 Januari 2020 | 18:44 WIB
Kawasan Jalan MERR-Pondok Chandra. Foto: Dok./Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Akhirnya, Dishub Surabaya dan Dishub Sidoarjo bersepakat, Jalan MERR-Pondok Chandra akan dibuka dengan syarat median jalan ke Perumahan Pondok Chandra dibongkar paling lambat 15 Februari.

Kedua belah pihak menyepakati ini dalam pertemuan mediasi di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Senin (20/1/2020) setelah perdebatan yang cukup alot antara kedua belah pihak.

Tiga poin kesepakatan yang sudah ada di dalam berita acara pertemuan itu, sampai pertemuan berakhir belum ditandatangani oleh pihak Pemkot Surabaya, menunggu realisasi pembongkaran median jalan.

Pemkot Surabaya yang diwakili Irwan Andeksa Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Surabaya bersikukuh agar arus lalu lintas dari MERR bisa langsung ke Tol Tambak Sumur-Waru.


Sampai sekarang, Dishub Kabupaten Sidoarjo merekayasa agar mobil berputar dulu di depan Kantor Pemasaran Perumahan Pondok Chandra sebelum menuju Tol Tambak Sumur.

Dalam pertemuan ini, Bahrul Amig Kepala Dishub Sidoarjo menyatakan, kajian rekayasa selama enam bulan itu sebagai upaya untuk mengantisipasi ekor antrean saat terjadi kemacetan.

Pihak Dishub Sidoarjo pun, seperti termuat dalam poin kedua berita acara mediasi, tetap mengusulkan adanya uji coba selama kurun waktu tertentu dengan rekayasa yang sama. Uji coba ini ditolak Dishub Surabaya.

Fattah Jassin Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Jatim memastikan, akhirnya ada kesepakatan untuk segera membuka Jalan MERR-Pondok Chandra. "Tinggal menunggu waktu saja," ujarnya.

Dia membenarkan, Pemkot Surabaya mensyaratkan pembongkaran median jalan Perumahan Pondok Chandra Sidoarjo sebelum membuka Jalan MERR-Pondok Chandra.

Selain itu, ada rekayasa traffic light selain yang ada di pertigaan MERR-Jalan H. Anwar Hamzah. "Traffic light akan dimajukan di dekat bundaran Pondok Chandra untuk menghindari kemacetan," kata Fattah.

Irwan Andeksa Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Surabaya mengatakan, 15 Februari adalah batas maksimal pembukaan median jalan Pondok Chandra. MERR tidak dibuka di tanggal itu.

"Enggak itu batas maksimal pembukaan. Kami harus cek juga, kalau sudah oke, rambu-rambunya juga sudah oke, baru kita buka," kata Irwan. "Kami inginnya semua terakomodir."

Bahrul Amig Kadishub Sidoarjo pun bersyukur sudah ada kesepakatan, termasuk dengan pihak PT Pondok Tjandra Indah sebagai pengelola Perumahan Pondok Chandra.

"Tapi kami minta masyarakat bersabar, karena itu juga perlu diuji coba. Pihak Pondok Chandra sudah bersedia membongkar maksimal 10 Februari, tinggal memastikan perkerasan jalannya," katanya.(den/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA