KELANA KOTA

BMKG Minta Masyarakat Jatim Waspadai Hujan Lebat 6 Hari Kedepan

Laporan Agustina Suminar | Jumat, 24 Januari 2020 | 10:26 WIB
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat khususnya di Jawa Timur untuk mewaspadai hujan lebat selama lima hari kedepan, yakni 24-29 Januari 2020.

Menurut Mulyono R. Prabowo Deputi Bidang Meteorologi BMKG, ini dikarenakan adanya sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia, yang menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah sehingga cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," kata Mulyono berdasarkan keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (24/1/2020).


Untuk itu, BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap dampak dari hujan lebat tersebut.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," ujarnya.(tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.