KELANA KOTA

Khofifah akan Kunjungi Kawasan BTS dan Lakukan Penghijauan di Ranu Pani

Laporan Agustina Suminar | Sabtu, 15 Februari 2020 | 07:58 WIB
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur. Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur pada Sabtu (15/2/2020) akan melakukan kunjungan ke kawasan Bromo-Tengger-Semeru (BTS) yang menjadi salah satu kawasan dalam Perpres Nomor 80 Tahun 2019. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung kondisi masyarakat dan alam setempat, yang akan dijadikan poin sentral dalam pembangunan Jatim.

"Ada beberapa hal yang sedang dilakukan bunda Khofifah Gubernur dan Bupati Probolinggo, kegiatan-kegiatan untuk mencocokkan program-program Perpres No.80 yang masuk dalam perencanaan di BTS," kata Heru Cahyono Sekretaris Daerah Pemprov Jatim saat diwawancarai Isa Anshori Suara Surabaya, Sabtu pagi.

Seperti yang diketahui Perpres yang ditetapkan pada 20 November 2019 ini membahas tentang percepatan pembangunan di Jatim, khususnya percepatan ekonomi di kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan, Kawasan Bromo - Tengger - Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Selain masuk dalam Perpres No 80 Tahun 2019, kawasan wisata Bromo Tengger Semeru adalah satu diantara sepuluh "Bali Baru" di Indonesia yang diharapkan pemerintah bisa menjadi magnet wisatawan asing.


Setelah mengunjungi kawasan BTS, Khofifah Gubernur bersama jajaran juga akan melakukan penghijauan di Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya longsor yang beberapa waktu terakhir banyak terjadi di Jatim.

"Jadi arahan ibu gubernur untuk membangun ekonomi wisata yang komprehensif. Hari ini ibu gubernur juga akan melihat promo satu bulan tanpa asap. Ini yang menjadi magnet wisata di dunia bahwa di kawasan Semeru ada kawasan tanpa asap," ujar Heru.

Ia mengatakan, Puput Tantriana Sari Bupati Probolinggo juga akan mendukung serta mem-back up semua kebutuhan yang diperlukan dalam mensukseskan program ini.

"Pemda, pemprov, pemerintah pusat bersama-sama melakukan untuk melakukan kemajuan daerah bersama. Ini juga harus membawa berkah untuk masyarakat setempat," tambahnya.(tin/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.